Komit Wujudkan Akuntabilitas Pemda, BPKP Selenggarakan Workshop SIMDA BMD

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (PPKD), Dadang Kurnia dalam sambutan pembukaan workshop menyatakan bahwa setiap institusi pemerintah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) diwajibkan menerapkan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual pada tahun 2015. Namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses implementasinya yaitu penataan sistem akuntansi pemerintah daerah dan penerapan SAP berbasis akrual, penataan pendapatan dan piutang, penataan persediaan, dan yang terutama penataan aset tetap. “Penataan aset tetap menjadi sangat crucial dalam proses implementasi sistem akuntansi pemerintah berbasis akrual mengingat masih banyak permasalahan aset tetap yang menjadi temuan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan RI.”

 

Lebih lanjut mantan Kapusdiklatwas BPKP itu menekankan bahwa permasalahan penataan aset tetap di daerah disebabkan kelemahan dalam proses pengelolaannya seperti aset tetap yang tidak dapat diyakini kewajarannya, aset tetap yang dikuasai oleh pihak yang tidak berhak, aset tetap yang kepemilikannya masih belum jelas. “Atas hal ini, kami mengusulkan tahap-tahap dalam penerapan akuntansi berbasis akrual mulai dari rekonsiliasi khususnya aset tetap yang dilakukan pada Desember 2014, perbaikan data aset tetap di Triwulan I 2015, perhitungan akumulasi penyusutan pada April 2015, hingga penyusunan penyajian kembali aset tetap di neraca periode 31 Desember 2014 yang dilakukan pada Mei 2015,” saran Dadang di hadapan utusan lebih dari seratus pemda itu.

 

Dalam SIMDA BMD V 2.69 telah dikembangkan konsepsi sinergi pengelolaan BMD dengan dukungan terhadap Laporan Keuangan. “Diharapkan melalui Workshop Program Aplikasi SIMDA BMD dapat membantu pemerintah daerah dalam menerapkan pengelolaan aset yang baik. Selain itu, para peserta diminta untuk turut aktif dalam memberikan masukan dalam rangka penyempurnaan pengelolaan aset melalui aplikasi SIMDA BMD,” tutup Dadang. (Humas Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah/Amir El Husin-Kontributor  Daniel/Dony)