Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Berita Seputar Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Membangun ala Desa Panggungharjo: Manfaatkan Modal Sosial, Mendorong Reformasi Birokrasi
29 Oktober 2022 13:13:13 / sakd / dibaca: 376 kali / Kat: Sosialisasi/Workshop

(Rabu,26/10) Undang-Undang tentang Desa sudah berumur 8 tahun, namun kemajuan pembangunan desa masih sangat bervariasi. Agar dapat mencari formulasi untuk mempercepat pembangunan desa di Indonesia, BPKP mengadakan Kegiatan Focus Group Disscussion (FGD)Pengembangan Potensi Desa. Kegiatan ini diadakan pada hari Rabu 26 Oktober 2022. di Aula Kampung Matraman salah satu lini bisnis milik desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. FGD ini mengundang narasumber  Wahyu Anggoro Hadi selaku Kepala Desa Panggungharjo dan Bapak Arief Rokhman  selaku Direktur BUMDes Panggung Lestari. Peserta FGD berasal dari pegawai Direktorat Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintahan Desa (Dirwas AKP Tala Pemerintahan Desa), pegawai Perwakilan BPKP Provinsi DI Yogyakarta

Penyusunan Governance Index Untuk Mendorong Peningkatan Akuntabilitas
11 Mei 2021 09:47:02 / sakd / dibaca: 3681 kali / Kat: Reformasi Birokrasi

Senin (10/5) telah diadakan Online Kick off Meeting proyek Strengthening Indonesian Government Agencies’ Accountability: Development of Indicators and Parameters for Governance Assessment Index in Public Sector. Kegiatan tersebut  Dihadiri oleh Chief of Party USAID-Cegah Gerard Mosquera, Deputi Kepala BPKP Bidang PPKD, Dadang Kurnia, Coordinator for Accountability Program, Reza Anggara, Kapusinfowas, Kapusbin JFA, Kapuslitbangwas BPKP , Kapusdiklatwas BPKP dan dari PPA FEB UI.

Kabupaten Musi Banyuasin Ingin Menerapkan Aplikasi Siskeudes Online Berbasis CMS
24 Pebruari 2021 11:36:31 / sakd / dibaca: 3590 kali / Kat: Siskeudes

Jakarta – (23/02) Pada hari Selasa 23 Februari 2021, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan  Desa Kabupaten Musi Banyuasin beserta jajaran berkunjung ke Kantor Pusat BPKP. Tujuan kunjungan tersebut untuk menindaklanjuti surat Bupati Musi Banyuasin Nomor 140/256/DPMD PEMDES/2021 hal Permohonan Koneksi Aplikasi Siskeudes Online Berbasis CMS dan Bank Rekening Kas Desa di Kabupaten Musi Banyuasin. Adil Hamonangan selaku Direktur Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintahan Desa dan Kwinhatmaka selaku Kepala Biro Keuangan menyambut rombongan Dinas PMD Kabupaten Musi Banyuasin pada Guest Room BPKP di Lantai 1 Kantor Pusat BPKP.


Arsip Berita
Kata Bijak Hari Ini

"Belajar dari orang lain tak perlu menunggu tulisan, Belajar dari orang lain bisa dengan mengamati, mengerti cara berpikir dan  cara bekerjanya"

"Langkah pertama dan yang paling penting menuju kesuksesan adalah merasakan bahwa kita bisa SUKSES"

"Janganlah anda menjadi buih yang pecah apabila melanda pantai, tetapi jadilah angin yang sanggup melahirkan gelombang".

" Benar, bahwa dalam hidup ini kita pasti membutuhkan orang lain. Itu pasti ! Tetapi menikmati hidup dengan membebani orang lain adalah hidup yang tidak mulia".

KATA BIJAK LAINNYA

Kami Senang, Dapat Menjumpai Anda

  Motto :   Bersama  pemda  membangun  good  local  governance  menuju  clean  local  government” 

Assalaamu'alaikum Warohmatulloohi Wabarokaatuh

 

SELAMAT DATANG DI WEBSITE DEPUTI PENGAWASAN BIDANG PENYELENGGARAAN KEUANGAN DAERAH

 
Laporan Kinerja Deputi PKD Tahun 2021

Laporan Kinerja (LKj) adalah ikhtisar yang menjelaskan secara ringkas dan lengkap tentang capaian kinerja yang disusun berdasarkan rencana kerja yang ditetapkan. LKj merupakan alat penilai kinerja secara kuantitatif dan sebagai wujud akuntabilitas pelaksanaan tugas dan fungsi menuju terwujudnya  yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijakan yang transparan. Deputi Bidang PPKD melaksanakan dua program, yaitu Program Pengawasan Pembangunan (Program 06) dan Program Dukungan Manajemen Internal (Program 01). Program 06 terdiri dari tiga sasaran program dengan 13 indikator kinerja program (IKP), sedangkan Program 01 memiliki satu sasaran program dengan lima IKP. Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) menyatakan bahwa penyelenggaraan SAKIP dilaksanakan untuk penyusunan LKj sesuai ketentuan perundang-undangan. Penyelenggaraan SAKIP meliputi Rencana Strategis, Perjanjian Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pengelolaan Data Kinerja, Pelaporan Kinerja, dan Reviu serta Evaluasi Kinerja. Terkait dengan penyelenggaraan SAKIP, Deputi Bidang PPKD mendapat nilai 86,70 dengan kategori A dengan interpretasi memuaskan berdasarkan hasil penilaian mandiri tahun 2021. Selanjutnya dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah, laporan kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan
kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran. Dengan mengacu pada ketentuan tersebut di atas, Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah (Deputi Bidang PPKD) menyusun Laporan Kinerja Tahun 2021 berdasarkan Rencana Strategis Deputi Bidang PPKD Tahun 2020-2024 dan Perjanjian Kinerja Deputi Bidang PPKD Tahun 2021. Laporan Kinerja Tahun 2021  lebih lengkap dapat di dowload pada link berikut: https://bit.ly/lkjpkd2021

Profil Deputi Bidang PPKD
Visi & Misi
Struktur Organisasi
Sumber Daya Manusia
Pengantar Deputi
Motto
INFORMASI PUBLIK/DOWNLOAD
Bahan Ajar Sosialisasi
Unduhan Peraturan/Pedoman
Unduhan Lainnya
Data Kinerja Deputi PPKD
Rencana Strategis Tahun 2020-2024
Perjanjian Kinerja
Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)
Sejarah Siskeudes
MoU Kemendagri dan BPKP
Pedoman Keuangan Desa
Juklak Bimkon Keuangan Desa
Peluncuran SISKEUDES
SPIP
SPIP dan Manajemen Risiko
Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA)
Sejarah SIMDA
Tentang SIMDA
Kapabilitas APIP
Produk Lainnya

KONTAK KAMI :

Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah

Gedung BPKP Pusat, Jl. Pramuka 33, Jakarta 13120. Telp. 021-85910031 (hunting)

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah :  

RADEN SUHARTONO

No, Telp. Sekretaris  :   Direct  021-85910302  atau 021-85910031  Pes. Internal :  0323   (Lantai 3)

Plt. Direktur  Pengawasan Akuntabilitas Keuangan Daerah :

EDI MULIA

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-859039035 atau 021-85910031 Pes. Internal  : 1056  (Lantai  10 Barat)

Direktur  Pengawasan Akuntabilitas Program Lintas Sektoral Pembangunan Daerah  :  

ARMAN SAHRI HARAHAP

No, Telp. Sekretaris   :    Direct  021-85907666 atau 021-85910031  Pes. IInternal  : 1034  (Lantai 10 Barat)

Direktur  Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintahan Desa :  

WASIS PRABOWO

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-85907030 atau 021-85910031 Pes. Internal  : 1030  (Lantai  10 Timur)

Direktur  Pengawasan Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintah Daerah  :

NANI ULINA  KARTIKA NASUTION

No. Telp.  Sekretaris  :   Direct  021-85907990 atau 021-85910031  Pes. Internal  : 1040  (Lantai 10 Timur)

 

E-mail  Pengelola Website :  

deputippkd@bpkp.go.id 

Galeri Kegiatan Deputi PKD