Kepala Perwakilan Jadi Narsum di Rakernis Polda Sumsel, Bahas Audit Keuangan Negara

PALEMBANG (4/8) Bertempat di Ballroom lt. 7 Gedung Presisi Polda Sumatera Selatan, diadakan acara Rakernis Fungsi Teknis Reskrimsus Tahun 2022. Acara yang dihadiri secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, Buyung Wiromo Samudro, didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang Investigasi II BPKP Sumsel, Ahmad Fauzi.
 
Acara yang secara langsung dibuka oleh Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, Irjen Toni Harmanto ini berupa sesi panel, dengan tema Peningkatan Kemampuan Penyidik yang Profesional dan Proporsional Guna Mendukung Penyelesaian Tindak Pidana Korupsi di Polda Sumsel dan Jajaran ini, juga mengundang beberapa narasumber dari instansi lain, yaitu Kepala OJK Regional 7 Sumbagsel, Kajati Sumsel yang diwakili Jaksa Ahli Madya Bidang Pidana Khusus dan Kepala PPATK Sumsel.
 
Pada sesi Panelis, Kepala Perwaksilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, Buyung Wiromo Samudro, menyampaikan paparan mengenai Mekanisme Audit Keuangan Negara, Peran BPKP dalam Penanganan Tipikor, Audit Investigatif dan Bantuan BPKP kepada Instansi Lain berupa Bantuan Audit PPKN. Beliau menyampikan pentingnya kemampuan perhitungan keuangan negara dalam pengungkapan kasus tindak pidana korupsi. 
 
Materi lain yang dibahas antara lain mengenai Pemenuhan Unsur Formil dan Materil dalam Penyidikan Tipikor, Rahasia Bank Terkait Penyidikan Tipikor dan Prosedur Pelaporan Transaksi Keuangan dan Saksi Akhli Tipikor oleh para Narasumber lainnya.
 
(Kominfo BPKP Sumsel/tr)