BPKP JAMBI SIAP DAMPINGI PENINGKATAN SPIP DAN MANAJEMEN RISIKO DI TVRI JAMBI

Perwakilan BPKP Provinsi Jambi menyambut baik permintaan dari TVRI Jambi untuk dilakukan pendampingan dan pembinaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan TVRI Jambi. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi yang didampingi oleh Korwas Bidang Investigasi Muchtazar dan Korwas Bidang IPP Putut, saat menerima kunjungan dari Kepala LPP TVRI Jambi Raden Sarjono, Selasa (9/8). Sueb Cahyadi mengatakan nantinya akan menurunkan tim untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh pegawai dan stakeholders TVRI Jambi, termasuk juga pembinaan terhadap kemampuan Manajemen Risiko.

 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi mengatakan bahwa pembinaan SPIP ini juga berlaku untuk Pemerintah Daerah dan Badan Usaha. “Kami mendapatkan tugas untuk melakukan pembinaan SPIP dan Manajemen Risiko untuk seluruh Pemerintah Daerah. Diharapkan nantinya kita akan semakin baik dalam melayani masyarakat, kemudian juga meningkatkan pelayanan publik dan yang utama adalah semakin efisien dan efektifnya kegiatan yang dilakukan oleh Instansi Pemerintah,” ucapnya.

 

Sesuai dengan PP Nomor 60 tahun 2008 mengenai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, BPKP berkewajiban melakukan pembinaan terhadap kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah. BPKP melakukan pembinaan secara menyeluruh mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pertanggung jawaban.

 

Terdapat empat tujuan dari SPIP yaitu kepatuhan terhadap Perundang-undangan, yaitu bagaimana Instansi Pemerintah dan juga para pegawai bisa melaksanakan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bagaimana Instansi Pemerintah dapat menyusun laporan keuangan yang handal dan dapat dipercaya, bagaimana Pemerintah dan juga para ASN bisa mengamankan asset yang dimiliki dan bagaimana kita bersama-sama menjalankan kegiatan Pemerintahan dengan efisien dan efektif serta akuntabel.

 

Kepala LPP TVRI Jambi Raden Sarjono berharap dengan adanya kunjungan silaturahmi ini dapat meningkatkan kerjasama antara TVRI Jambi dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jambi yang sudah terjalin dengan baik.