Sinergi antar BPK-RI dan BPKP Jatim dalam Mengawal Akuntabilitas

Rabu, 22 Januari 2020, sehari setelah Pengukuhan oleh Gubernur Jawa Timur, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Alexander Rubi Satyoadi melakukan kunjungan ke Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur di dampingi Kabag TU dan para Koordinator Pengawasan. Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur Harry Purwakadidampingi oleh Kepala Sekretariat Perwakilan Pujo Sumekto menerima dan menyambut dengan baik kunjungan tersebut.Maksud kunjungan tersebut, adalah dalam rangka koordinasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timurterutama dalam pengawalan akuntabilitas keuangan di lingkup pemerintah daerah se-wilayah Provinsi Jawa Timur.

Dalam pertemuan tersebut, banyak hal yang didiskusikan antara lain struktur organisasi kedua institusi, potret akuntabilitas pemerintah daerah di Jawa Timur dengan masih adanya kejadian OTT dalam hubungan dengan pemberian opini atas LKPD termasuk hubungan antara penilaian Sistem Pengendalian Internal dalam pemberian opini tersebut. Diskusipun akhirnya mengarah ke catatan permasalahan opini WDP pada beberapa Pemerintah Daerah.

Alexander Rubi Satyoadi, menyampaikan bahwa sesuai tugas dan fungsinya, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur sebagai APIP akan melaksanakan pengawasan dan pembinaan kepada pemerintah daerahmelalui bimbingan teknis/asistensi/pendampingan kepada pemerintah daerah dalam rangka peningkatan akuntabilitas keuangan negara/daerahdengan dua pilar utama yaitu melalui peningkatan Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3 dan Peningkatan Kapabiltas APIP Level 3. 

Harry Purwaka, berharap agar BPKP bisa terus mendampingi, membimbing dan membina pemerintah daerahterutama dalam pengelolaan keuangan negara/ daerah; BUMN/D; BLU/BLUDmelalui penerapan sistem informasidan GCG. Untuk Pemerintah Daerah melalui SIMDA, mulai dari tahap perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan, sehingga pengelolaan keuangan di pemerintah daerah semakin baik, semakin transparan dan semakinakuntabel. Beliaucukup mengapresiasi peran BPKP Jawa Timur yang selama ini sudah cukup bagus dalam mengawal akuntabilitas keuangan pemerintah daerah sehingga dalam tahun 2019 terdapat 36 dari 39 Pemerintah Daerah memperoleh opini WTP, dan peran tersebut agar dipertahankan dan terus ditingkatkan.

Sejalan dengan harapan tersebut, Alexander Rubi Satyoadi, menyatakan siap untuk mendampingi K/L/P/BUMD/D/BLU/D. Selain itu, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur juga telah dan akan terus melakukan pembinaan kepada Inspektorat di untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Inspektorat sebagai aparat pengawasan internal pemerintah daerah. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur, Alexander Rubi Satyoadi,dan Kepala Perwakilan BPK-RI Provinsi Jawa Timur,Harry Purwakasepakat akan terus berkomunikasi dan berkoordinasi membangun harmoni dan sinergi untuk mengawal akuntabilitas keuangan negara/daerah di wilayah Jawa Timur.