Sosialisasi Penilaian Kapabilitas SPI BLU di Lingkungan Dirjen Perhubungan Udara - Kemenhub

Bertempat di Hotel Sheraton Surabaya, kegiatan Sosialisasi Penilaian Kapabilitas Satuan Pengawasan Intern Badan Layanan Umum di Lingkungan Dirjen Perhubungan Udara – Kementerian Perhubungan diselenggarakan pada Rabu tanggal 28 Februari 2024 dihadiri oleh 38 peserta dari 12 SPI BLU di lingkungan Dirjen Perhubungan Udara – Kementerian Perhubungan. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dirjen Perhubungan Udara – Kementerian Perhubungan dengan tujuan transfer of knowledge mengenai penilaian tingkat kapabilitas SPI BLU dari Narasumber BPKP kepada para peserta sosialisasi.
Pemaparan materi disampaikan oleh Korwas Bidang IPP Bidang Perekonomian dan Kemaritiman pada Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur. Materi yang disampaikan antara lain tentang pengertian penilaian kapabilitas SPI, mekanisme penilaian kapabilitas SPI, komponen penilaian kapabilitas SPI, aspek penilaian kapabilitas SPI, periode penilaian kapabilitas SPI, tahapan penilaian mandiri kapabilitas SPI, dan contoh pengisian kertas kerja penilaian mandiri tingkat kapabilitas SPI. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab atas penilaian mandiri tingkat kapabilitas SPI BLU.
Setelah mengikuti sosialisasi diharapkan SPI BLU di lingkungan Dirjen Perhubungan Udara – Kementerian Perhubungan dapat melaksanakan penilaian mandiri tingkat kapabilitas SPI dengan berpedoman pada Petunjuk Teknis Penilaian Kapabilitas Satuan Pengawasan Intern pada Badan Layanan Umum/Badan Layanan Umum Daerah yang telah disusun oleh BPKP. Diharapkan SPI BLU dapat berkoordinasi dengan Perwakilan BPKP setempat untuk memperoleh bimbingan teknis untuk meningkatkan kapabilitas SPI-nya.