PENUTUPAN DIKLAT AUDIT KINERJA BERBASIS RISIKO PADA INSPEKTORAT se-PROVINSI JAMBI

Diklat Audit Kinerja Berbasis Risiko yang dilaksanakan oleh Pusdiklatwas dan Perwakilan BPKP Provinsi Jambi untuk Inspektorat se-Provinsi Jambi resmi ditutup di Aula Shang Ratu Hotel, Jum’at, 19 November 2021.

 

Kegiatan Diklat yang mulai digelar  pada 15 November sampai dengan 19 November 2021 resmi ditutup oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi yang diwakili oleh  Kepala Bagian Tata Usaha, Sahowi. Dalam sambutannya Sahowi menyampaikan, setelah mengikuti diklat ini diharapkan peserta diklat dapat mengimplementasikan dan mengembangkan kompetensi/pengetahuan mengenai audit kinerja agar menjadi auditor yang  berkualitas serta profesional dan bisa memberikan dampak perbaikan yang signifikan terhadap pencapaian output program strategis yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“berdasarkan data yang kami terima, audit kinerja yang dilaksanakan pada umumnya masih berupa audit kinerja atas satker, bukan berupa audit kinerja atas program strategis yang merupakan sarana utama untuk mecapai visi dan misi Kepala Daerah dalam pelaksanaan RPJMD”.  

Lebih lanjut Sahowi berharap, agar setelah diklat ini Inspektorat Daerah semakin banyak yang melaksanakan kegiatan audit kinerja karena masih terdapat beberapa Inspektorat Daerah yang belum melaksanakan kegiatan audit tersebut, sementara itu untuk pencapaian level kapabilitas APIP bagi Inspektorat yang sudah berada di level 3 agar tidak merasa puas, namun di harapkan untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri sebab akan ada monitoring terhadap kegiatan yang berpengaruh terhadap status level capaian kapabilitas APIP.

Sahowi juga menyampaikan bahwa saat ini Perwakilan BPKP Provinsi Jambi sedang mengembangkan dashboard profil obyek pengawasan yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh Inspektorat Daerah untuk mendukung kegiatan pengawasan, dan untuk pengembangan program tersebut diminta dukungan seluruh satker/OPD dengan cara mengisi data secara langsung sehingga data yang ditampilkan pada konten tersebut lebih lengkap dan selalu terbaru. Di akhir arahannya, Sahowi memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para peserta atas kontribusi yang optimal selama mengikuti diklat.

Kegiatan ditutup dengan memberikan penghargaan kepada 3 peserta dengan nilai terbaik dalam mengikuti post test selama diklat berlangsung dan dilanjutkan dengan penanggalan tanda peserta diklat serta foto bersama