BPKP JAMBI MENYELENGGARAKAN DIKLAT AUDIT KINERJA BERBASIS RISIKO UNTUK INSPEKTORAT SE-PROVINSI JAMBI

Perwakilan BPKP Jambi menyelenggarakan diklat audit kinerja berbasis risiko yang diikuti oleh auditor dari seluruh Inspektorat se-Provinsi Jambi sebanyak 30 orang. Kegiatan ini berlangsung di Shang Ratu Hotel selama 5 hari, dimulai dari tanggal 15-19 November 2021.

Dalam sambutan pembukaan diklat Kepala Perwakilan, Sueb Cahyadi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi auditor dalam melaksanakan audit kinerja atas suatu program atau kegiatan. Audit kinerja bermanfaat untuk menilai aspek ekonomis, efisiensi dan efektivitas suatu program dan kegiatan.

Terdapat keinginan dari para stakeholders untuk memperoleh penilaian suatu program kegiatan yang belum dapat terpenuhi dari hasil audit laporan keuangan. Auditor dalam melaksanakan audit kinerja tidak hanya menilai dari ouput saja melainkan juga manfaat bagi masyarakat.

“Yang mesti dipahami, kita ini mewakili suara masyarakat, agar uang Pemerintah yang telah diberikan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya, tepat sasaran dan jelas manfaatnya,”

Diakhir arahannya, Sueb Cahyadi mengharapkan melalui pelatihan ini auditor Inspektorat dapat memiliki kompetensi yang professional dan berkualitas untuk melaksanakan audit kinerja sehingga dapat memberikan dampak perbaikan yang signifikan terhadap keberhasilan program.

Disela acara juga dilakukan sesi penyematan tanda peserta diklat yang diberikan oleh Kepala Perwakilan kepada peserta diklat dan diakhiri dengan foto bersama.