Workshop Simda Perencanaan dan Cash Management System pada Pemda di Provinsi Jawa Tengah

Kegiatan ini bertujuan memberikan transfer knowledge kepada aparat Pemerintah Daerah yang membidangi pengelolaan keuangan dan perencanaan. SIMDA Perencanaan diciptakan dalam rangka membantu Pemerintah Daerah menerapkan sistem perencanaan pembangunan daerah secara transparan dan obyektif kepada publik agar terwujud tata kelola pemerintahan yang baik. Sedangkan Cash Management System (SPPD Online) yang telah terkoneksi dengan sistem pada BPD Jateng selain meningkatkan efektivitas dan efisiensi, juga diharapkan dapat menekan kesalahan dan penyalahgunaan dalam pengeluaran dan pencairan kas daerah. Penggunaan aplikasi Cash Management System akan memperlancar pelaksanaan transaksi pencaian SP2D,mempercepat proses pengelolaan keuangan daerah yang terkait dengan pencairan dari RKUD ke rekening tujuan (rekening SKPD/Dinas, dan pihak ketiga) di Bank dengan konsep Real-Time Online.

Dalam pembukaan acara workshop tersebut, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Gatot Darmasto dalam sambutannya menyatakan bahwa pengembangan SIMDA Perencanaan dan Cash Management System merupakan bagian dari upaya BPKP untuk  melakukan Pengawalan peningkatan kualitas akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah  dengan fokus pada peningkatan Governance System melalui pengembangan program aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) berbasis teknologi informasi.

Lebih lanjut Gatot Darmasto mengungkapkan, “Hasil Audit BPK tahun 2015 terhadap 542 pemda, sebanyak 311 pemda atau 57% telah memperoleh predikat tertinggi yaitu WTP dan yang patut kita banggakan bersama dari jumlah 311 Pemda yang telah meraih predikat WTP, sebanyak 253 pemda atau 81% telah menggunakan aplikasi SIMDA dan dari 196 pemda yang telah meraih predikat WDP sebanyak 168 pemda atau 86% telah menggunakan aplikasi SIMDA.

Pada akhirnya, beliau juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Walikota Surakarta dan pemda-pemda peserta workshop atas kepercayaannya bekerjasama dan bersinergi dengan BPKP. Khusus kepada Pemerintah Kota Surakarta, beliau mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerjasamanya sehingga acara workshop Perencanaan dan Cash Management System ini terselenggara.