BPKP Kepri Evaluasi Atas OPAD Tahun 2023 di Kab. Lingga

Batam, (15/5) bertempat di Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Lingga, BPKP Kepri dipimpin oleh Pengendali Teknis Yessi F bersama tim melakukan entry meeting Evaluasi atas Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah bersama dengan Bapenda dan OPD terkait di Kabupaten Lingga.

Dari hasil analisis fiskal yang dilakukan oleh BPKP Kepri dalamdua tahun terakhir menunjukkan masih kecilnya kontribusi PAD terhadap Pendapatan Daerah serta masih tergantungnya daerah terhadap Dana Transfer dari pemerintah pusat menjadi pekerjaan rumah yang sulit bagi mayoritas daerah. Oleh sebab itu, diperlukan langkah-langkah untuk penguatan kapasitas fiskal di daerah. Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah diharapkan dapat meningkatan kemandirian fiskal Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan fungsi pemerintah dan penyediaan layanan publik. Demikian antara lain yang disampaikan BPKP Kepri saat berdiskusi dengan Kepala Bapenda Kabupaten Lingga.

Lebih lanjut disampaikan pula, Tim evaluasi berfokus pada pengumpulan dan analisis data-data pengelolaan PAD yang terkait dengan potensi pendapatan yang dapat ditingkatkan dan diterima oleh Pemerintah Kabupaten Lingga.

Menyambut hal tersebut, Kepala Bapenda Kabupaten Lingga, Sumiarsih menitipkan harapan dalam kegiatan pengawasan BPKP Kepri berupa rekomendasi perbaikan tata kelola pendapatan daerah, dorongan penerapan pengelolaan pendapatan secara real time online, membantu upaya ekstensfikasi Bapenda Kabupaten Lingga serta intensifikasi pendapatan dari aset pemerintah Daerah.

 

(Kominfo BPKP Kepri)