TINGKATKAN KAPABILITAS APIP DAN MATURITAS SPIP, BPKP KALSEL KOLABORASI DENGAN INSPEKTORAT KAB. TAPIN

TAPIN (20/07/2022) – Dalam rangka mencapai Kapabilitas APIP Level 3, Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan berkolaborasi dengan Inspektorat Tapin menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapabilitas APIP dan Maturitas SPIP.

Bertempat di Aula Bappelitbang Kabupaten Tapin, Bimtek ini dibuka oleh Inspektur Tapin, Unda Absori dan diikuti oleh Irban serta seluruh pejabat fungsional yang ada di Inspektorat Kabupaten Tapin

Pada kesempatan ini, Unda menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya Bimtek yaitu untuk menyusun strategi pencapaian kapabilitas APIP Level 3 sehingga dapat meningkatkan kinerja Inspektorat kabupaten Tapin.

“Inspektorat kabupaten Tapin siap menerima arahan dari Perwakilan BPKP Kalimantan Selatan demi mewujudkan kapabilitas APIP Level 3”, tambahnya.

Sementara itu, Tim Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa meskipun pada bulan Juli ini sudah memasuki periode evaluasi penilaian mandiri untuk penetapan level kapabilitas APIP tahun 2022, Inspektorat kabupaten Tapin tetap bisa melakukan penilaian mandiri untuk persiapan peningkatan kapabilitas APIP di tahun 2023. Tim juga siap mengawal pencapaian kapabilitas APIP Level 3 di Inspektorat kabupaten Tapin.

Bimtek ini diakhiri dengan sesi tanya jawab terkait permasalahan yang mungkin timbul dalam peningkatan kapabilitas APIP dan cara menanggulanginya.

Atas terselenggaranya Bimtek ini, diharapkan Inspektorat kabupaten Tapin dapat melakukan tindak lanjut dengan meningkatkan kinerja dan pemenuhan dokumen untuk memenuhi kriteria penilaian kapabilitas APIP yang telah disampaikan.

Perlu diketahui, kapabilitas APIP merupakan salah satu komponen penting yang tergabung dalam penilaian SPIP Terintegrasi pada sub unsur 1.7 yaitu peran APIP yang efektif

Selain itu kapabilitas APIP juga berpengaruh pada Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) dan Manajemen Risiko Indeks (MRI) serta dan menjadi fokus Inspektorat di Wilayah Kalimantan Selatan. 

(Kominfo BPKP Kalsel)