Reviu Tata Kelola Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bagong Triwulan II Tahun 2023

Bendungan Bagong berada di Sungai Bagong yang berlokasi di Desa Sengon dan Desa Semurup, Kecamatan Bendungan, Kabupaten Trenggalekmempunyai kapasitas tampung air sebanyak 17,40 juta m³direncanakan selesai konstruksinya pada Desember 2024.Tujuan dibangunnyaBendungan Bagong adalah untukmengendalikan daya rusak air/banjir di Kabupaten Trenggalek, memenuhi kebutuhan air baku dan irigasi, dan pariwisata seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk.

Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur melaksanakan reviu tata kelola PSN pada Bendungan Bagong pada triwulan II tahun 2023 berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 192 tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan. Tujuan pelaksanaan reviu tata kelola PSN Bendungan Bagong ini adalah untuk memberikan keyakinan terbatas bahwa tata kelola PSN telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan, standar, rencana, atau norma yang ditetapkan, untuk memperoleh gambaran dan identifikasi permasalahan dan hambatan serta mencari solusi agar kelancaran, akuntabilitas dan efektivitas pelaksanaan PSN Bendungan Bagong bisa tercapai.  

Tim Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur melaksanakan entry meeting dan observasi lapangan pada Juni 2023 bersama PPK Pembangunan Bendungan Bagong, PPK Pengadaan Tanah Bendungan, staff pada SNVT Pembangunan Bendungan Balai Besar Wilayah Sungai Brantas,Rekanan Paket I dan Paket II Pekerjaan Pembangunan Bendungan Bagong. Diskusi capaian progress keuangan dan fisik pekerjaan sampai dengan triwulan II tahun 2023, identifikasi hambatan, permasalahan, dan solusinya dilaksanakan bertempat di Ruang Rapat Kantor Konsorsium Paket I Pekerjaan Pembangunan Bendungan Bagong.

Diharapkan dengan pelaksanaan reviu tata kelola PSN setiap triwulan bisa bermanfaat untuk diperolehnya solusi atas kendala capaian progres pekerjaan pembangunan bendungan agar kelancaran, akuntabilitas dan efektivitas pelaksanaan PSN Bendungan Bagong bisa tercapai.