Ikuti Bimtek di BPKP DIY, SPI RSUD Prambanan Optimis Level 3

Yogyakarta. Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta menyelenggarakan Bimtek Peningkatan Kapabilitas SPI BLUD bertempat di Ruang Kelas Lantai 3 Kantor Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta. Acara yang berlangsung selama tiga hari mulai 5 Maret 2024 dibuka oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara, Jusup Partono. Kegiatan bimtek diiikuti oleh oleh Ketua SPI RSUD Prambanan dr. Nazliah Hanum, Kepala Seksi Pengembangan Mutu, Kepala Seksi Pelayanan Medis Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan, serta Staf SPI RSUD Prambanan, Sleman.

Peningkatan kapabilitas SPI BLUD dilatarbelakangi PMK Nomor 129/PMK.05/2020 tentang Pedoman Pengelolaan BLU/D, yang mewajibkan pemimpin BLUD menerapkan dan melaksanakan sistem pengendalian intern, serta berpedoman pada Permendagri 79 Tahun 2018 tentang BLUD. Dalam Permendagri 79 Tahun 2018 disebutkan bahwa SPI dibentuk untuk melakukan pengawasan dan pengendalian internal terhadap kinerja pelayanan, keuangan dan pengaruh lingkungan sosial dalam menyelenggarakan praktik bisnis yang sehat.

Melalui bimtek ini diharapkan SPI RSUD Prambanan dapat melaksanakan aktivitas pengawasan sesuai dengan standar dan praktik profesional sehingga dapat memberikan peringatan dini, peningkatan efektivitas MR, serta perbaikan tata kelola organisasi BLUD.

Nazliah Hanum menyatakan dengan diselenggarakannya Bimtek Peningkatan Kapabilitas SPI BLUD, kerangka besar SPI BLUD telah dikuasai sehingga penerapannya akan lebih mudah dilakukan. Usai ikuti bimtek, SPI RSUD Prambanan Optimis Kapabilitas SPI Level Tiga.

(Kominfo BPKP DIY/Ari-ros)