BPKP DIY Kawal Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi di Kota Magelang

Kamis (3/08), bertempat di Gedung 3 Lantai 3 Fakultas Teknik Universitas Tidar Magelang, Pemerintah Kota Magelang menyelenggarakan Bimtek Penilaian SPIP Terintegrasi Tahun 2023.

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Magelang yang diwakili Plt. Asisten Administrasi Umum Hamzah Kholifi, dihadiri Inspektur Kota Magelang Deddy Eko Sumarwanto, Irbanwas Reformasi Birokrasi Inspektorat Daerah Kota Magelang Siti Fatonah, serta para pejabat di lingkungan pemerintah Kota Magelang lainnya.

Hamzah Kholifi dalam sambutannya menyampaikan penilaian SPIP Terintegrasi tidak sekedar kewajiban namun juga sebuah kebutuhan seluruh organisasi dalam mendukung pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintah daerah. Tujuan tersebut dicapai melalui penjaminan atas efektifitas pelaksanaan kegiatan, keandalaan pelaporan keuangan, pengamanan asset, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan

Deddy Eko Sumarwanto menyampaikan kepada seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Magelang untuk selalu memperhatikan tugas dan fungsi masing-masing sesuai dengan perencanaan yang telah disusun dan aturan perundangan yang berlaku. Deddy juga berharap pelaksanaan penilaian SPIP Terintegrasi di Kota Mgaelang dapat selesai sesuai dengan timeline yang telah ditetapkan.

Acara dilanjutkan dengan paparan materi terkait pemahaman dan teknis penilaian SPIP Terintegrasi. Dengan penyelenggaraan Bimtek ini, diharapkan seluruh perangkat daerah dapat menerapkan SPIP Terintegrasi sebagai langkah preventif untuk mendeteksi risiko, kelemahan dan penyimpangan yang akan terjadi, sehingga membantu pencapaian tujuan secara lebih efektif dan efisien.

Kominfo BPKP DIY/Vivi