Work-Life Balance for Employee’s Mental Wellbeing

Bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi Lampung dan ruang kerja masing-masing melalui zoom meeting, kamis (29/02/24) , dengan jumlah peserta 85 orang . Sharing SessionLibrary Café BPKP Perwakilan Provinsi Lampung dengan tema Work-Life Balance for Employee’s Mental Wellbeing ini mengundang salah satu Asesor MAC BPKP yakni Ibu Nurul Misbah dan Psikolog Ibu Octa Reni. Acara didahului dengan kata sambutan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung Ibu Nani Uli Kartika Nasution. Ibu Nani Uli Kartika Nasution menyebutkan bahwa kegiatan Library Cafe perdana yang dilaksanakan oleh BPKP Lampung mudah mudahan menjadi awal bagi kita untuk bisa terus melakukan inovasi atas agenda agenda yang perlu kita sampaikan melalui media Library café sehingga kita bisa sharing knowledge bukan hanya atas masalah masalah berat namun masalah masalah yang ringan namun sangat mempengaruhi kinerja. Tema yang diusung hari ini sangat menarik dan sangat urgent dan sangat relevan dengan kondisi negara kita khususnya BPKP.

Ibu Nurul menjelaskan bahwa Indikator sehat mental menurut WHO adalah potensi diri direalisasikan, mampu bekerja produktif dan berkah, tangguh terhadap tekanan/stress sehari hari dan mampu memberikan kontribusi. BPKP sangat peduli dengan kesehatan mental pegawai di lingkungan BPKP. Adapun hal hal yang telah dilakukan adalah Employee Asistance Program (EAP) yakni bantuan professional yang dirancang untuk membantu unit kerja dan pegawai berkaitan dengan masalah produktivitas kerja dan masalah pribadi.

Menurut Ibu Okta Reni (Psikolog)  Survei Ipsos Global yang bertajuk Health Service Monitor 2023, sebanyak 44% responden dari 31 negara di dunia menilai bahwa kesehatan mental menjadi masalah kesehatan yang paling dikhawatirkan, disusul kanker di posisi kedua sebagai masalah kesehatan terbesar bagi 40% responden.  Stress adalah respon fisiologis dan psikologis tubuh terhadap situasi yang mengancam atau menantang dan memerlukan beberapa jenis penyesuaian Tuntutan tubuh yang memerlukan penyesuaian diri dan membawa reaksi stress.

Humas BPKP Lampung