BPKP Bengkulu Laksanakan Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas (Komponen Penguatan Pengawasan)

BENGKULU (06/02/2024) - Perwakilan BPKP melaksanakan Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas Komponen Penguatan Pengawasan, Sosialisasi rencana implementasi pembayaran tukin melalui BSI serta Sosialisasi e-SPJ dan Pelaksanaan Anggaran 2024 Serta Pelayanan Prima melalaui Virtual Office.

Pada sesi pertama dilaksanakan Sosialisasi Zona Integritas Komponen Penguatan Pengawasan yang terdiri dari Pengendalian Gratifikasi, Penanganan Pengaduan, Penanganan Benturan Kepentingan dan Penerapan Whistle Blowing System.

Hadir sebagai narasumber Pengendali Teknis (Dalnis) dari Bidang Investigasi Jumiati. Dalam paparannya beliau menerangkan bahwa benturan kepentingan sebagai acuan bagi pegawai untuk mengenal, mencegah, mengatasi benturan kepentingan sehingga mencegah terjadinya Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Rencana Implementasi Pembayaran Tunjangan Kinerja (Tukin)  melalui Bank Syariah Indonesia (BSI). Pada kesempatan ini BSI KCP Panorama Bengkulu mengenalkan berbagai program yang bisa diikuti oleh pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu.

Kemudian dilaksanakan Sosialisasi e-SPJ dan Pelaksanaan Anggaran 2024. Materi dibawakan oleh Subkoordinator Keuangan Rudi Hartono sebagai narasumber. Dalam paparannya dijelaskan bahwa tujuan dari diberlakukannya penggunaan e-SPJ BISMA diantaranya adalah digitalisasi pertanggungjawaban anggaran, memberikan kemudahan pertanggungjawaban anggaran pelaksanan perjalanan dinas, serta prakondisi menu aging pertanggungjawaban anggaran. Bahwa dengan pengaturan presensi untuk perjalanan dinas yang baru nantinya sudah tidak diperlukan lagi dokumen SPD untuk divisum.

Pada sesi terakhir Pemaparan Pelayanan Prima melalui Virtual Office yang dibawakan oleh Syafri Ali Putra, Pranata Komputer pada Bagian Umum. Dalam paparannya Syafri menjelaskan pada awalnya Pembangunan VO dilaksanakan pada kondisi pandemi COVID Tahun 2020, dimana pemrosesan data dan administrasi perkantoran harus tetap berjalan namun posisi pegawai harus WFH. Dengan inovasi VO ini kegiatan perkantoran tetap dapat berjalan dimana proses reviu melalui VO, data di simpan di G-Drive. Hal ini sangat bermanfaat bagi kantor,  salah satunya karena penghematan penggunaan kertas dan tinta, karena dilakukan secara paperless.