Memastikan Keamanan Aplikasi untuk Meningkatkan Keakuratan dan Menyelaraskan Pembinaan SPIP

BOGOR (17/4/2024) – Kedeputian Pengawasan Pengelolaan Keuangan Daerah berkolaborasi dengan Putrajakwas, Pusinfowas, dan Biro MKOT dalam mengawal proses pengujian kerentanan (vulnerability assesment) tahap II atas aplikasi penilaian maturitas SPIP terintegrasi yang sedang dikembangkan.

Penilaian maturitas SPIP terintegrasi dengan menggunakan aplikasi ini juga merupakan salah satu bentuk penguatan dari kebijakan pembinaan SPIP yang tengah disusun oleh Putrajakwas.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Analisis Strategi Kebijakan Pengawasan Putrajakwas, Arinto Dananjaya, menyampaikan beberapa arah kebijakan pembinaan SPIP yang pada saat ini tengah menunggu proses pembahasan akhir dan legal drafting.

Harapannya setelah selesai kedua proses tersebut, kebijakan pembinaan SPIP segera didiseminasikan sehingga nantinya proses penilaian maturitas SPIP terintegrasi yang dimulai dari penilaian mandiri oleh masing-masing Kementerian/Lembaga/Daerah (K/L/D), penjaminan kualitas oleh APIP K/L/D, hingga evaluasi oleh BPKP dengan menggunakan aplikasi ini akan selaras dengan kebijakan pembinaan yang telah disusun.

 

(Kominfo Putrajakwas/ade)