Meningkatkan Kualitas Sintesa Hasil Pengawasan melalui Data Mining

BOGOR – Bertempat di Padma 1 Meeting Room, Aston Hotel & Resort Bogor, Pusat Strategi Kebijakan Pengawasan (Putrajakwas) BPKP mengadakan Workshop tentang Penciptaan Pengetahuan untuk Knowledge Management yang diikuti peserta dari Pustrajakwas, Pusinfowas, Biro MKOT, Biro SDM, serta Kedeputian PPKD.

Acara dimulai dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya, lalu dilanjutkan sambutan Koordinator Pengembangan dan Inovasi Pengawasan, Rury Hanasri. Dalam sambutannya Rury menyampaikan bahwa pengolahan data merupakan hal yang sangat penting bagi auditor internal.

"Kita mempunyai data yang banyak namun kita belum mempunyai kesadaran dan kemampuan untuk mengolah data tersebut" lanjut Rury. Kebutuhan untuk pengolahan data ini dirasa sangat penting, terutama bila dikaitkan dengan tujuan untuk memperoleh hasil pengawasan yang lebih tajam dan akurat. "Untuk menghasilkan data yang akurat, maka data mining menjadi sebuah kebutuhan" pungkasnya.

Melalui workshop ini diharapkan para peserta dari Pustrajakwas akan mendapat bekal untuk penugasan analisis atau evaluasi kebijakan serta pemberian rekomendasi strategis. Sedang bagi peserta yang berasal dari unit-unit kerja lain, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempertajam peran masing-masing dalam kegiatan pengawasan.

Sebagai penutup pada rangkaian workshop hari pertama, acara diisi dengan penyampaian materi dan praktek mengenai Fundamental Data Mining yang dibawakan oleh Romi Satrio Wahono, CEO BrainCorp. (ndp)