Walikota Sawahlunto Sambangi BPKP Sumbar untuk Eratkan Kerjasama

Walikota Sawahlunto yang baru menjabat selama 2 bulan ini mendiskusikan banyak hal bersama Kepala Perwakilan, terutama terkait dengan tata kelola pemerintahan daerah, sekaligus mengawal Sekretaris Daerah dan Inspektur dalam penyampaian hasil penilaian maturitas SPIP yang baru saja dirampungkan oleh tim asesor (penilai). Danny Amanda dalam sambutannya, menyebut pentingnya SPIP sebagai dasar dalam pengelolaan pemerintahan. “SPIP selain menjadi tools dalam pengendalian jalannya pemerintahan, sesunggunya merupakan dasar bagi hampir seluruh aspek tata kelola pemerintahan itu sendiri. SPIP adalah basis bagi pencapaian opini WTP, basis pencapaian kinerja, serta juga basis implementasi akuntabilitas. Oleh karenanya, penerapan SPIP secara memadai seyogyanya menjadi kebutuhan bagi Pemerintah Daerah dalam menjalankan roda pemerintahan”, ungkap Danny.

MV. Chinggih menambahkan bahwa dengan hadirnya Walikota dalam penyampaian ekspos hasil penilaian maturitas SPIP, menjadi penanda bahwa Pimpinan Daerah memiliki concern terhadap implementasi SPIP, dan hendaknya seluruh aparat Pemerintah Daerah melaksanakan amanat implementasi SPIP dari Pimpinan tersebut dengan baik, dipimpin oleh Sekretaris Daerah serta dikawal oleh tim inspektorat.

Sementara itu, Deri Asta menyampaikan harapannya atas pembinaan yang berkelanjutan dari BPKP. “Kami sangat serius ingin melaksanakan tata kelola yang terarah dan akuntabel. Dengan silaturahim dan koordinasi ini, Kami berharap BPKP dapat terus melakukan pembinaan, tidak hanya terkait SPIP, namun juga pada aspek lain untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik”, ujar Walikota. Kunjungan dari Walikota Sawahlunto beserta jajarannya, menjadi salah satu dari rangkaian kunjungan Kepala Daerah di Wilayah Sumatera Barat ke Kantor Perwakilan BPKP, dalam rangka mempererat kerjasama antara Pemerintah Daerah dan BPKP untuk mewujudkan good governance dan clean government di Sumatera Barat. Semoga harapan tersebut dapat terlaksana demi sebesar-besarnya manfaat bagi masyarat.

Humas Sumbar (_aiMgi_& Rudi)