BPKP DKI Jakarta Menjadi Salah Satu Peserta Rakornaswas 2020 Yang Dibuka Oleh Presiden RI

Bertempat di Aula Perwakilan BPKP Provinsi DKI Jakarta, acara tersebut dilakukan melalui koneksi video konferensi TVRI, seluruh pejabat/pegawai yang hadir menyimaknya melalui layar lebar.Presiden Joko Widodo membuka Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2020, tepat pada pukul 09.30 WIB secara virtual.

Dalam ajang nasional tahunan itu, Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya tata kelola yang baik, khususnya dalam penanganan virus corona atau Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.  Apalagi, anggaran khusus untuk penanganan pandemi dan dampaknya itu mencapai Rp677 triliun.

"Angka ini adalah jumlah yg sangat besar. Oleh sebab itu, tata kelola harus baik, sasaran harus tepat, prosedur harus sederhana dan tidak berbelit. Output dan outcome harus maksimal bagi seluruh rakyat," kata Jokowi ketika membua rakornas.

"Hadirin sekalian semua langkah pemerintah cepat dan tepat harus akuntabel," tegas Jokowi.

Rapat juga dihadiri Wakil Presiden,Ma'ruf Amin, seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala lembaga negara dan para kepala daerah. Rapat diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan laporan dari Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh.

"Rakornas ini dihadiri oleh 966 peserta dan disiarkan secara langsung oleh TVRI nasional," kata Yusuf Ateh.

Dia melanjutkan, Rakornas ini mengambil tema kolaborasi dan sinergi aparat pengawasan intern pemerintah, pemeriksaan eksternal dan aparat penegak hukum dalam rangka pengawasan percepatan penambangan Covid-19 dan program pemulihan ekonomi nasional.

"Penyelenggaraan Rakornas ini bertujuan untuk membangun persepsi yang sama di antara seluruh pihak yang terlibat dalam pengawasan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara dan daerah khususnya terkait pelaksanaan Percepatan penanganan Covid-19 dam ekonomi nasional," kata Yusuf Ateh.

Setelah itu, dalam rapat dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber yang terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama pemaparan dari Menko Bidang Perekonomian, Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri. Sementara itu pada sesi kedua pemaparan dilakukan oleh Menko Bidang Polhukam, Ketua BPK, Ketua KPK, Jaksa Agung, dan Kapolri. Rapat ditutup dengan simpulan rapat oleh Kepala BPKP sebagai host pada kegiatan ini.