Tips Menjaga Kesehatan Mental Versi Ibu DWP BPKP Sumut

Medan(21/12)-Menyambut peringatan ke-93 tahun hari ibu yang jatuh tepat pada tanggal 22 Desember 2021, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara menyelenggarakan kegiatan seminar kesehatan dengan tema optimis songsong 2022, keluarga sehat, bebas covid-19. Seminar berlangsung di Aula Soedarjono Lantai 2 kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara.

Seminar dibuka secara resmi dengan kata sambutan dari ketua DWP BPKP Sumut Rhode Kwinhatmaka secara virtual. Kegiatan tersebut tidak hanya diikuti oleh seluruh anggota Dharma Wanita namun juga oleh pegawai perempuan secara khusus dan pegawai laki-laki pada umumnya secara luring dan daring. Tema yang diusung pada seminar tersebut merupakan wujud kepedulian kaum ibu terhadap permasalahan mental yang semakin meningkat ditengah situasi Covid-19 yang masih berlangsung hingga sekarang.

Narasumber yang dihadirkan diantaranya dr. Devi Riana Sagala dan seorang Psikolog Afrina Eka Sagala, M.Psi, dan juga Keynote Speaker oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara Kwinhatmaka. dr. Devi secara lengkap memaparkan bagaimana virus Covid-19 dapat menyerang tubuh seseorang sehingga mengakibatkan kondisi fisik semakin menurun. Tidak sampai disitu, dr. Riana juga mengingatkan bahwa kita harus mengubah pola berpikir bahwa Covid-19 bukan lagi satu-satunya penyakit yang menakutkan. Covid-19 dapat diatasi dengan pola hidup sehat dan selalu menjaga kebersihan diri.

Setelah itu, paparan dilanjutkan oleh Psikolog Afrina. Dalam paparannya Afrina menyampaikan fakta bahwa seorang penyintas Covid-19 dapat menunjukkan kondisi yang buruk apabila dalam tekanan pikiran yang berlebihan atau stres. Kondisi ini dapat terjadi selama proses pemulihan dan pasca pemulihan. Seseorang yang terkonfirmasi Covid-19 membutuhkan dukungan mental dari orang lain. Secara Psikologis dukungan mental tersebut dapat memberikan dorongan terhadap proses pemulihan. “maka dari itu ibu-ibu sekalian harus bisa mengelola tingkat stresnya dengan baik. pikirkan saja hal-hal yang positif, lakukan kegiatan yang menarik dan menyenangkan” lanjutnya.

Setelah kedua narasumber selesai memberikan paparan, seminar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab berlangsung antusias. Hal tersebut dapat terlihat dari banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber. Kegiatan berlangsung baik dan diharapkan dapat menambah semangat kepada seluruh peserta untuk mempersiapkan diri menyongsong tahun 2022 dengan pikiran yang positif dan Kesehatan yang baik.

 

Kominfo BPKP Sumut