BPKP Lakukan Sosialisasi Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Pemkab Musi Rawas

MUARA BELITI (09/11) Bertempat di Auditorium Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, BPKP melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi pada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas. Kegiatan ini resmi dibuka oleh Wakil Bupati Musi Rawas Suwarti didampingi oleh Sekretaris Daerah Edi Iswanto dan Inspektur Kabupaten Musi Rawas Badarudin dan dihadiri secara langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan Buyung Wiromo Samudro didampingi oleh Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Saut Parulian Pasaribu dan Koordinator Pengawasan Bidang P3A Darmawan beserta tim BPKP. 

Mengawali acara, dalam laporan kegiatannya Inspektur Kabupaten Musi Rawas Badarudin menyampaikan terima kasih terhadap bimbingan dan arahan dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, "Semoga BPKP terus dapat membimbing dan memberikan arahan kepada Pemkab Musi Rawas khususnya Inspektorat untuk meningkatkan tata kelola yang baik, terlebih maturitas penyelenggaraan SPIP yang terintegrasi menuju Level 3" ujarnya.

Pada kata sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan Buyung Wiromo Samudro menyampaikan perlunya tools yang dapat membantu menilai kualitas dan meningkatkan efektivitas sistem pengendalian intern, sehingga BPKP selaku Pembina Penyelenggaraan SPIP menerbitkan pedoman penilaian maturitas penyelenggaraan SPIP. "Dengan demikian, sangatlah tepat upaya kita untuk menyelenggarakan Sosialisasi Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi ini. Diharapkan hal ini akan memperkuat pemahaman Manajemen Pemerintah Daerah yang bertanggungjawab dalam membangun, menilai, dan meningkatkan kualitas SPIP" ujarnya. 

Hal senada juga turut disampaikan oleh Wakil Bupati Kabupaten Musi Rawas Suwarti dalam kata sambutan sekaligus meresmikan kegiatan Sosialisasi, "Kami sangat menyambut baik kegiatan Sosialisasi ini dilakukan. Terima kasih kepada Bapak Buyung Wiromo Samudro beserta jajarannya yang bersedia datang ke Musi Rawas dan membuka secara langsung sosialisasi ini. Saya berharap apa yang diajarkan oleh tim BPKP dapat diserap dan dapat bermanfaat bagi kita semua yang hadir disini, untuk meningkatkan tata kelola Pemerintahan yang baik" tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan juga menyerahkan Piagam Penghargaan atas pencapaian Level 3 Kapabilitas APIP yang secara langsung diberikan oleh Kepala Perwakilan Buyung Wiromo Samudro kepada Wakil Bupati Kabupaten Musi Rawas Suwarti. Peserta sosialisasi yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini antara lain kepala OPD dan para auditor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas. 

(Kominfo BPKP Sumsel)