Workshop Dana Desa Digelar di Banyuasin, Pj. Bupati Harapkan Kepala Desa Baru Berguru ke BPKP

PANGKALAN BALAI (28/12) Dalam rangka pengawalan akuntabilitas penyaluran dan penggunaan dana desa, BPKP bersinergi dengan Komisi XI DPR RI, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Selatan, dan Pemerintah Kabupaten Banyuasin melakukan pembinaan melalui pelaksanaan Kegiatan Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Penyusunan Laporan Dana Desa Tahun 2023 Pada Kabupaten Banyuasin dengan mengambil tema, “Meningkatkan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi Desa yang Berkelanjutan”. 
 
Workshop Evaluasi Pengelolaan Keuangan Dan Penyusunan Laporan Dana Desa Tahun 2023 Pada Kabupaten Banyuasin yang diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 28 Desember 2023 bertempat di Graha Sedulang Setudung Kabupaten Banyuasin dihadiri setidaknya oleh 149 Kepala Desa, 21 Camat, dan 19 perwakilan OPD di Kabupaten Banyuasin serta pihak terkait lainnya. 
 
Forum yang dikemas dalam bentuk diskusi panel ini menghadirkan 4 narasumber yaitu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Selatan yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Dinas PMD, Uzirman Irwandi, yang menjelaskan mengenai Strategi, Kebijakan dan Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Desa di Wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Selatan, Rahmadi Murwanto, yang memaparkan Mekanisme penyaluran dan pertanggung jawaban Dana Desa. 
 
Sesi diskusi panel kemudian dilanjutkan oleh Kepala Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Sofyan Antonius, yang menjelaskan mengenai bagaimana Pengawalan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa oleh BPKP dalam Rangka Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi Desa, dan terakhir ditutup dengan pemaparan dari Ketua Komisi XI DPR RI, Kahar Muzakir yang membicarakan terkait Peran Pengawasan DPR RI terhadap Pelaksanaan Undang-Undang, APBN dan Kebijakan Pemerintah terkait Desa sekaligus menyerap aspirasi dari para kepala desa.
 
Pj. Bupati Banyuasin, Hani S. Rustam, dalam sambutannya menyatakan terima kasih kepada BPKP dan menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan berharap para kepala desa serius mengikutinya. Beliau menyebut kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi para kepala desa terutama para kepala desa yang baru-baru ini dilantik.
 
Turut hadir dalam forum ini jajaran Forkompimda Kabupaten Banyuasin dan undangan lainnya.
 
Tim Humas BPKP Sumsel.