BPKP Malut Dorong Pemkot Tidore Kepulauan Tingkatkan Tata Kelola Melalui Workshop SPIP Terintegrasi

Ternate (5/2/2024) - Dalam rangka meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan guna pencapaian Visi dan Misi Kepala Daerah, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melalui Inspektorat Kota Tidore Kepuluan menyelanggaran Workshop Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi (SPIPT). Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari mulai tanggal 5-7 Februari 2024 bertempat di Hotel Muara Kota Ternate. Workshop tersebut diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari  Sekretaris dan Kasubag Perencanaan  seluruh Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Acara Workshop dibuka secara resmi  oleh Ismail Dukomalamo selaku Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan dengan ketukan palu. Dalam kesempatan tersebut Ismail menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Tidore Kepulauan terus berkomitmen dan berusaha meningkatkan kualitas implementasi  SPIP Terintegrasi pada level yang lebih tinggi guna  perbaikan dan peningkatan tata Kelola pemerintahan yang baik, efektivitas manajemen resiko dan pengendalian sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008. Ismail menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada BPKP Perwakilan Maluku Utara yang selalu setia mendampingi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan dalam kegiatan peningkatan pemahaman dan kompetensi teknis dalam penerapan SPIP Terintegrasi.  Di akhir sambutannya Ismail berharap kepada seluruh peserta Workshop agar mengikuti dengan sungguh-sungguh jalannya Workshop sehingga dapat mengaplikasikan pengelolaan semua program dan kegiatan Pembangunan di Tahun 2024.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Maturitas SPIP Terintegrasi Tahun 2023 oleh Kepala Perwakilan BPKP Maluku Utara kepada Sekretaris Daerah Pemkot Tidore Kepulauan. Berdasarkan evaluasi Pemerintah Kota Tidore Kepuluan mencapai predikat level 3 SPIP Terintegrasi dengan skor 3,258, level 3 Manajemen Risiko Indeks (MRI) dengan  skor 3,069, level 2 Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) dengan skor 2,856, dan level 3 Kapabilitas APIP dengan  skor 3,000.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara Tri Wibowo Aji menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Workshop dan pencapaian Pemerintah Kota Tidore Kepulauan atas predikat level 3 dalam penyelenggaraan SPIP Terintegrasi. Kepala Perwakilam berharap agar Pemerintah Kota Tidore Kepulauan tidak berhenti untuk selalu meningkatkan kualitas SPIP Terintegrasi demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan kebermanfaatn hasil pembangunan di Kota Tidore Kepulauan. BPKP Maluku Utara selalu siap mengawal Pembangunan pada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi terkait Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi, Manajemen Risiko, Pengendalian Korupsi serta penyampaian area perbaikan berdasarkan hasil evaluasi BPKP. Materi disampaikan secara bergantian oleh Bp. Albertus Mugi selaku Korwas APD beserta 3 Pejabat Fungsional Auditor setingkat Madya dan Ketua Tim. Acara Workshop ditutup pada hari Rabu tanggal 7 Februari tepat pukul 12.00 WIT oleh Bapak Arif Radjabessy,SE selaku Inspektur Kota Tidore Kepulauan.

(Kominfo BPKP Malut/Aqsha)