BPKP Dorong Penguatan Maturitas Penyelenggaraan SPIP Pemprov Kalteng

Palangka Raya (05/02) - Bertempat di Aula Inspektorat Daerah Kalimantan Tengah, Plt. Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Hanggara hadir sebagai narasumber dalam Sosialisasi Penguatan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Lingkungan Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan yang dibuka oleh Inspektur Prov. Kalteng, Saring tersebut turut dihadiri oleh Korwas Bidang Akuntabilitas Pemda BPKP Kalteng, Dwito Santoso serta jajaran OPD Pemprov Kalteng.

Mengawali paparannya, hanggara menyampaikan bahwa untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif dan efisien, transparan, dan akuntabel, kepala daerah wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan melalui SPIP sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2008.

Selanjutnya, untuk memperkuat SPIP secara efektif perlu dipahami kerangka SPIP terintegrasi yang mencakup sejumlah komponen/unsur seperti Maturitas Penyelenggaraan SPIP yang terdiri dari penetapan tujuan, struktur dan proses, serta pencapaian tujuan, kemudian komponen/unsur manajemen risiko indeks yang meliputi perencanaan, kapabilitas, dan hasil. Sedangkan komponen/unsur indeks efektivitas pengendalian korupsi terdiri dari kapabilitas pengelolaan risiko korupsi, penerapan strategi pencegahan, dan penanganan kejadian korupsi. Oleh karena itu untuk memperkuat SPIP secara efektif, perbaikan perlu difokuskan pada area of improvement (AoI) hasil evaluasi sebelumnya.

Di sisi lain dirinya juga menekankan peningkatan kualitas perencanaan menjadi langkah strategis yang dapat signifikan membuahkan hasil dengan melakukan reviu dan perbaikan perencanaan untuk memastikan kualitas cascading kinerja dan sinergi/kolaborasi program antar perangkat daerah (cross cutting) yang disusun dapat efektif dan efisien serta kinerja dapat tercapai secara optimal. Selain itu juga dilakukan perbaikan dokumen perencanaan pemda dan OPD dengan memperhatikan kaidah dalam penyusunan dokumen perencanaan kinerja agar tujuan dan sasaran strategis berorientasi hasil atau berdampak langsung kepada masyarakat.***(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)