BPKP Dampingi Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi Pemprov Kalteng

Palangka Raya (17/07) - Bertempat di Library Cafe BPKP Kalteng diadakan kegiatan Pendampingan Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Hadir sebagai narasumber tim dari bidang Akuntabilitas Pemerintah Desa BPKP Kalteng yang dipimpin oleh pengendali teknis Cucu Supangkat.

Dalam paparannya, ia menyampaikan bahwa penilaian mandiri maturitas sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) terintegrasi merupakan proses evaluasi dan pengukuran tingkat kematangan implementasi SPIP lembaga pemerintah yang bertujuan untuk memastikan tercapainya tujuan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui kegiatan yang efektif & efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Selama pendampingan, tim BPKP Kalteng melakukan evaluasi terhadap sistem dan prosedur yang telah diterapkan. Jika ada temuan kelemahan, langkah-langkah perbaikan dan peningkatan akan direkomendasikan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas SPIP. Kemudian tim juga menyediakan asistensi teknis kepada unit kerja di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk membantu mengatasi kendala dan masalah yang mungkin timbul selama proses peningkatan maturitas SPIP.

BPKP Kalteng secara aktif melakukan pengawasan dan monitoring terhadap pelaksanaan SPIP untuk memastikan kepatuhan terhadap standar dan ketentuan yang berlaku. Tim penilaian mandiri dibentuk untuk melaksanakan penilaian maturitas SPIP terintegrasi di berbagai unit kerja. Dengan kegiatan pendampingan yang terarah dan berkelanjutan, diharapkan dapat tercapai peningkatan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan publik, serta efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan pemerintah daerah yang lebih baik.

Selain itu, juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mengelola anggaran dan aset publik, serta persiapan yang matang untuk menghadapi penilaian maturitas SPIP terintegrasi dan potensi peningkatan peringkat dalam penilaian tersebut.

Sejumlah peserta yang hadir dalam kegiatan pendampingan penilaian mandiri maturitas SPIP terintegrasi di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah antara lain Sekretariat Daerah, Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang), Badan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Pendidikan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.***(Kominfo BPKP Kalteng/Rz)