Melalui SPIP, BPKP Kalteng Wujudkan Akuntabilitas Rencana Kerja Kanwil Kemenkumham

Palangka Raya (14/01) - Pengawasan intern berfungsi untuk memastikan bahwa aktivitas pengendalian intern berjalan dengan efektif dalam mencegah hambatan serta mempercepat pencapaian tujuan organisasi, selain itu juga untuk memberi keyakinan yang memadai bahwa tujuan instansi pemerintah dapat tercapai.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Bambang Ari Setiono di hadapan pimpinan, pejabat struktural, serta kepala unit pelaksana teknis pemasyarakatan dan imigrasi di lingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Tengah.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa budaya Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dapat dibangun dengan sejumlah upaya, yakni: menjaring SDM yang kapabel dan berintegritas, awareness / kesadaran terhadap risiko, serta meningkatkan kualitas proses pengawasan intern. Hal ini karena SPIP merupakan tanggung jawab dari instansi pemerintah yang dilaksanakan oleh pimpinan dan juga seluruh pegawai.

Untuk itulah BPKP Kalteng selaku pembina dari penyelenggaraan SPIP di instansi pemerintah di Wilayah Kalimantan Tengah, hadir guna mendorong bahwa SPIP berjalan di suatu unit kerja.

Turut mendampingi Kaper BPKP Kalteng dalam Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2021 dan Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2022 Kanwil Kemenkumham Kalteng tersebut, Koordinator Pengawasan Bidang Instansi Pemerintah Pusat BPKP Kalteng Denni Agustri Siregar.***(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)