Wujudkan Kerjasama antara Kementerian Agama Kab. Jayapura dan BPKP Provinsi Papua

Selasa – (9/1) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Zainuri menerima kunjungan kerja Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jayapura, Steven Alexander Wonmaly bersama dengan Kepala Subbag TU, Meiske Y.L. Pell. Zainuri didampingi oleh Korwas Bidang IPP, Mariadi dan Korwas Bidang Investigasi, Muji. Dalam pertemuan tersebut Steven membahas mengenai pembangunan kembali Kantor Kemenag Kabupaten Jayapura yang rusak berat karena kebakaran yang terjadi pada September lalu.

Steven mengatakan dampak dari kebakaran tersebut sedikit menghambat pelayanan Kantor Kemenag Kabupaten Jayapura. Sebagian arsip kantor ikut terbakar. Pelayanan kembali normal membutuhkan waktu yang lama sampai pembangunan kantor selesai.

Steven meminta penjelasan mengenai tanggung jawab KPA dan PPK. Zainuri menjelaskan bahwa pada prinsipnya membangun gedung menjadi tanggung jawab KPA, sementara PPK bertugas untuk membantu KPA.

Steven lalu menanyakan mengenai Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK). Mariadi menyarankan agar berkoordinasi dengan Kanwil dan Biro Keuangan Kemenag karena  PIPK dikembangkan oleh kemenag, sehingga Kanwil pastinya sudah selangkah lebih maju mengenai hal tersebut.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Steven meminta pendampingan BPKP mengenai pengawasan anggaran. Zainuri berpesan agar menggunakan anggaran sebaik-baiknya dan tidak menunda kegiatan agar tidak menumpuk di akhir tahun. 

(Kominfo BPKP Papua/AMN)