Dorong Kualitas Sintesa Hasil Pengawasan, BPKP Sulsel Selenggarakan PPM SHP bagi Auditor BPKP Sulsel

Makassar (02/02/2024) – Adakalanya tidak semua anggota organisasi memiliki wawasan pengetahuan yang sama. Program Pelatihan Mandiri (PPM) dapat menjadi solusi untuk memastikan bahwa seluruh anggota organisasi memiliki pemahaman yang sama atas suatu topik dan pada akhirnya mendukung pelaksanaan kegiatan organisasi. Karenanya, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan PPM Penyusunan Sintesis Hasil Pengawasan bagi seluruh pejabat fungsional auditor di Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan. 

Informasi hasil pengawasan yang dilaksanakan oleh BPKP diolah untuk kemudian disusun menjadi sebuah Sintesis hasil pengawasan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pegawai dalam melakukan penyusunan SHP sehingga mampu menghasilkan SHP yang berkualitas.  Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Auditor Ahli Madya bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Harry Jumpono Kurniawan.

Kepada para peserta beliau menyampaikan berbagai hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan Sintesis Hasil Pengawasan. Mulai dari tahapan penulisan, ketentuan penulisan, struktur penulisan, tahapan penulisan, hirarki dan waktu pelaporan Sintesis Hasil Pengawasan. Untuk semakin memperdalam pemahaman peserta beliau juga memberikan beberapa contoh penulisan SHP yang tepat. Tanya jawab berlangsung secara terbuka dan interaktif, sehingga para peserta dapat menanyakan hal-hal yang belum mereka dipahami. Para peserta dalam kegiatan ini juga saling berbagi pengalaman yang mereka miliki dalam melaksanakan penyusunan SHP. Hal ini menjadikan kegiatan PPM semakin dinamis dan setiap peserta dapat meningkatkan kemampuan untuk menyusun SHP yang baik dan berkualitas.

Pelatihan mandiri penyusunan SHP diselenggarakan di Aula Bawakaraeng Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, Jum’at (2/2/2024). (Kominfo BPKP Sulsel)