Koordinasi Implementasi Aplikasi Simhp-Nas, RMIS, dan Siswaskeudes

Mulai tanggal 19 s.d. 23 Maret 2024, Tim Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur melakukan koordinasi terkait pengimplementasian aplikasi Simhp-Nas dengan Pusinfowas, aplikasi RMIS dengan Biro MKOT di Kantor Pusat BPKP Jakarta, dan aplikasi Siswaskeudes dengan Direktorat Pengawasan Akuntabilitas Keuangan, Pembangunan, dan Tata Kelola Pemerintahan Desa di Bogor selaku pemangku masing-masing aplikasi tersebut.

Koordinasi ini dilaksanakan dengan konsultasi dan bimbingan teknis secara tatap muka mulai dari konsep sampai kepada teknis aplikasi. Adapun hal-hal lain yang dikomunikasikan seperti langkah-langkah apa saja yang harus dipersiapkan pemerintah daerah dalam implementasi aplikasi-aplikasi tersebut, kendala-kendala yang akan ditemui baik oleh Tim Perwakilan  BPKP Kaltim maupun pemerintah daerah yang akan/telah menggunakan aplikasi beserta penanganannya, rencana pengembangan aplikasi, serta ruang lingkup dan peran perwakilan dalam pengimplementasian aplikasi pada pemerintah daerah.
 
Dengan adanya koordinasi ini diharapkan aplikasi-aplikasi yang merupakan inovasi dari BPKP dapat disebarkan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pemerintah daerah di wilayah Provinsi Kalimantan Timur demi meningkatkan akuntabilitas hasil pengawasan dan memperbaiki tata kelola utamanya dalam mengelola risiko.
 
(Tim Kominfo BPKP Kaltim)