Tutup Rangkaian Raker BPKP Kaltim Tahun 2024, Jaga Integritas di Tengah Dinamika Global

SAMARINDA (12/01/2024) - Bertempat di Aula Maratua Lantai 2 kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur, seluruh pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur mengikuti Penutupan Rapat Kerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur yang mengusung tema "Refleksi Hasil Pengawasan 2023 untuk Kebermanfaatan Pengawasan 2024".

Acara dilaksanakan selama 6 hari, yaitu 2 hari di tenggarong dan 4 hari sisanya di kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur tanggal 7 sampai dengan 12 Januari 2024. Pada Penutupan Rapat Kerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur dipimpin oleh Korwas Investigasi Hisyam Wahyudi, selaku Plh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur.
 
Hadir sebagai narasumber Abdurrahman Amin Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Kalimantan Timur. Dalam penyampaiannya Rahman sapaan akrab Abdurrahman Amin, memaparkan materi mengenai perencanaan liputan. Melaksanakan tugas peliputan, lalu menyajikan atau melaporkan hasil liputan melalui tulisan, foto, video, dan infografis. Serta tidak terlepas dari adanya evaluasi.
 
Pada kesempatan itu, Rahman juga menjelaskan mengenai jenis-jenis tulisan. Di antaranya berita langsung yang ditulis apa adanya, singkat, dan lugas. “Biasanya menjadi headline,” katanya. Lalu ada hard news. Yakni berita yang memiliki nilai lebih dari segi aktualitas dan kepentingan, atau amat penting untuk segera diketahui pembaca. “Contoh berita teroris, kerusuhan, dan sejenisnya,” terangnya.
 
Kemudian acara di isi dengan paparan dari masing-masing komisi guna terwujudnya kontribusi rencana aksi yang lebih baik untuk stakeholders dalam kurun waktu satu tahun kedepan. Terbagi kedalam dua sesi, Penyampaian Hasil Pleno setiap Komisi Sesi I di isi dengan paparan dari Komisi Agilitas Perencanaan Pengawasan dengan ketuanya yaitu Hisyam Wahyudi, selanjutkan Komisi Agilitas Pelaksanaan Pengawasan dengan ketuanya yaitu Yuspiardi, sesi I ditutup melalui paparan dari Komisi Agilitas Pelaporan Pengawasan dengan ketuanya Hary Eka Surjanta. Setelah jeda acara dilanjutkan kembali dengan Penyampaian Hasil Pleno setiap Komisi Sesi II, paparan diawali oleh Komisi EVRAN dengan ketuanya Ata Sumirta, kemudian Komisi IKN dengan ketuanya Mohammad Syaifullah, lalu ditutup oleh paparan dari Komisi Enabler dengan ketuanya Muhammad Surjadi.
 
Pada acara penutupan Raker tersebut, Korwas Prolap serta Pembinaan APIP, Hary Eka Surjanta membacakan Laporan Ketua Pelaksana, dilanjutkan dengan sambutan sekaligus menutup acara Rapat Kerja Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur yang mengusung tema "Refleksi Hasil Pengawasan 2023 untuk Kebermanfaatan Pengawasan 2024" oleh Korwas Investigasi Hisyam Wahyudi, selaku Plh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur. Hisyam Wahyudi mengingatkan kepada para peserta Raker untuk selalu menjadikan pekerjaan kita sebagai apresiasi dan amanah bagi kita sendiri. Selalu belajar untuk memetakan, mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko serta problematika pengawasan intern di BPKP dari sudut pandang peran setiap unit enablers. Selain itu juga merumuskan, merencanakan, dan melaksanakan aksi kegiatan secara terpadu, untuk memastikan ketercapaian kualitas SHP.
 
(Tim Kominfo BPKP Kaltim)