Kepala BPKP Kunjungan Kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh melakukan kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), mendampingi Kepala BPKP adalah Direktur Pengawasan Badan Usaha Energi dan Pertambangan Susilo Widhyantoro dan Direktur Pengawasan Badan Usaha Jasa Keuangan, Jasa Penilai, dan Manufaktur Buyung Wiromo Samudro, dari Deputi Bidang Akuntan Negara BPKP. Turut hadir Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur Hasoloan Manalu.

Dalam kunjungan tersebut  Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh ingin mendapatkan informasi langsung dilapangan sejauh mana progres pembangunan IKN dan apa hambatan-hambatan di lapangan. Pada kesempatan tersebut Kepala BPKP juga mendorong dan memberi semangat kepada para pelaksana dilapangan untuk berpegang pada komitmen  dapat menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu dan mutu serta tetap menjaga Akuntabilitas.  Ateh juga menyampaikan BPKP dapat memberikan peran di bidang pengawasan dalam rangka memberikan asurans dan konsultansi terkait Pembangunan IKN untuk mendorong Akuntabilitas dan tercapainya tujuan Pembangunan secara efektif, efisien dan ekonomis.

BPKP mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara/daerah dan pembangunan nasional. Pengawasan terhadap pengadaan lahan dan pembangunan infrastruktur IKN, BPKP memberikan Assurance dan Konsultansi kepada stakeholder terkait. Selain itu, kunjungan ini juga menjadi momentum penting BPKP untuk merancang desain pengawasan yang bertujuan untuk memberikan rekomendasi strategis untuk membantu pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) pada proyek Ibu Kota Negara (IKN) tahun 2045, yaitu menjadi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Kawasan Ibu Kota Nusantara (KIKN), dan Wilayah Ibu Kota Nusantara.

(Tim Kominfo BPKP Kaltim)