BPKP Kaltim Dorong Percepatan Penyelesaian Pembangunan Bendungan Marangkayu

Kutai Kartanegara, (3/10/2023) – Bendungan Marangkayu merupakan yang masuk dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan kapasitas tampung 12,37 juta m3. Untuk menopang sistem irigasi persawahan dan sebagai sumber air baku masyarakat di sekitar.

Pembangunan Bendungan Marangkayu telah dimulai sejak tahun 2007 oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kemudian diambil alih oleh Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda. Hingga saat ini proyek tersebut mengalami kendala yaitu terkait pembebasan lahan.

Pada kesempatan tersebut Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Bidang Perekonomian dan Kemaritiman, Salamat Simanullang, melakukan kunjungan peninjauan ke lokasi Pembangunan bendungan marangkayu berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara Kecamatan Marangkayu.

Dari hasil kunjungan dan diskusi dengan pihak Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda terindentifikasi permasalahan  belum dapat dilakukan penggenangan tahap pertama adalah karena pembebasan lahan. Harapannya agar Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV Samarinda terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait sehingga permasahalan tersebut dapat segera diselesaikan sehingga proyek pembangunan bendungan marangkayu berjalan sesuai prosedur dan tanpa hambatan. Sehingga selesai sesuai dengan target yang telah ditentukan.

 

(Tim Kominfo BPKP Kaltim)