Sosialisasi Aplikasi Penilaian Kapabilitas APIP

Pontianak (1/4) – Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat memberikan sosialisasi penggunaan aplikasi penilaian kapabilitas APIP kepada seluruh APIP di Wilyah Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Bidang Pengawasan P3APIP. Pelaksanaan sosialisasi ini diikuti oleh Kasubbag dan Assesor Penilaian Kapabilitas APIP di Inspektorat.

“Dalam rangka mempermudah proses penyelenggaraan peningkatan kapabilitas APIP, maka BPKP membuat aplikasi penilaian kapabilitas APIP. Penggunaan aplikasi ini dimaksudkan agar APIP dapat mendokumentasikan berkas secara elektronik,” demikian disampaikan Koordinator Pengawasan Bidang P3APIP dalam acara sosialisasi Aplikasi Penilaian Kapabilitas APIP pada Jumat, 1 April 2022 melalui zoom meeting.

Lebih lanjut, Korwas Bidang P3APIP juga menyampaikan bahwa peningkatan kapabilitas APIP merupakan bagian dari Monitoring Center for Prevention (MCP) karena salah satu indikator yang dinilai yaitu pengawasan yang dilaksanakan oleh APIP mulai dari kinerja rutin sampai dengan pemeriksaan khusus (investigasi).

Dalam kesempatan tersebut, Korwas Bidang P3APIP menyampaikan bahwa dengan adanya aplikasi ini skor dan level Kapabilitas APIP dapat berubah (naik atau turun) tergantung ketertiban administrasi dan kondisi APIP tersebut. Tertib administrasi yang dimaksud adalah mendokumentasikan dengan baik seluruh dokumen yang diperlukan dalam pemenuhan Key Process Area (KPA) di setiap elemen. Selain itu, penggunaan aplikasi penilaian kapabilitas APIP dapat digunakan sebagai dashboard oleh Inspektur untuk memantau progres kemajuan peningkatan kapabilitas APIP.

Di akhir sambutannya, Korwas Bidang P3APIP berterima kasih kepada seluruh peserta sosialisasi dan berpesan kepada seluruh Inspektorat yang sudah mencapai Kapabilitas APIP Level 3 diharapkan tetap mempertahankan konsistensi dan komitmen yang terus berlanjut, jangan sampai setelah mencapai Kapabilitas APIP Level 3 Inspektorat lalai dan tidak mempertahankan peran dan kinerja yang sudah dilakukan dalam kegiatan pengawasan.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan sosialisasi aplikasi penilaian kapabilitas APIP. Kegiatan sosialisasi aplikasi penilaian kapabilitas APIP dimulai dengan simulasi pengisian profil APIP dan dilanjutkan dengan simulasi penilaian kapabilitas APIP.

 

Bidang P3APIP BPKP Kalbar/Aprilia