Inspektur Sanggau Janjikan Hasil Penilaian Kapabilitas APIP Bukan Sekadar Formalitas

Pontianak (27/12) – Dari hasil penilaian, Inspektorat Sanggau mendapat kenaikan dari level dua menjadi level tiga untuk kapabilitas APIP. Plt. Kaper BPKP Kalbar ingatkan bahwa leveling kapabilitas APIP bukan hanya formalitas tetapi harus benar-benar diimplementasikan sehingga kontribusi dari peran APIP terasa manfaatnya bagi pimpinan dan bagi masyarakat luas.

“Penilaian kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) bukanlah dilakukan secara sepihak, tetapi penilaian secara kolektif dan objektif sehingga peningkatan level benar-benar mencerminkan kondisi yang sesungguhnya,” demikian disampaikan Plt. Kepala Perwakilan BPKP Kalbar Dikdik Sadikin yang didampingi Korwas P3A B. Fredy Joko Susilo dan Dalnis Ganovar, kepada Inspektur Sanggau Eka Patria saat mengunjungi ruang kerjanya pada Senin, 27 Desember 2021.

Namun demikian, Dikdik mengingatkan pencapaian level tiga kapabilitas APIP ini bukanlah akhir dari pencapaian. Justru momen ini adalah awal yang harus terus dijaga dan ditingkatkan agar peran APIP terasa manfaatnya bagi pimpinan dan bagi masyarakat luas. “Dengan demikian, penilaian kapabilitas APIP harus dapat dipastikan bukan sekadar formalitas tetapi benar-benar diimplementasikan, “ tegas Dikdik.

Menanggapi pernyataan Plt. Kaper, Inspektur Sanggau Eka Pria Saputra yang tak lain adalah mantan Kabag Ekonomi Pembangunan dan Staf Ahli Pemkab Sanggau, yang menjabat sebagai Inspektur dalam kurun waktu delapan bulan terakhir, mengatakan bahwa yang dilakukannya pada awal pengangkatan sebagai inspektur adalah pemetaan atas hasil penilaian kapabilitas APIP yang lalu. “Atas hasil penilaian tersebut, saya petakan kekurangan dan kelemahan yang harus diperbaiki. Kemudian, saya memobilisasi teman-teman inspektorat untuk memperbaiki hal-hal tersebut dan tidak hanya disibukkan dengan tugas rutin semata,” jelas Eka.

Eka mengaku dibandingkan dengan tugasnya terdahulu sebagai Kabag Ekonomi Pembangunan dan Staf Ahli, jabatannya sebagai inspektur lebih menantang dan strategis. Untuk itu, dirinya mengharapkan BPKP Kalbar dapat senantiasa membimbing dan mengarahkan Inspektorat yang dipimpinnya itu agar pencapaian kinerja Inspektorat Sanggau dapat senantiasa dipenuhi dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Korwas Bidang P3A BPKP Kalbar B. Fredy Joko Susilo yang mendampingi Plt. Kaper membacakan kembali di hadapan Inspektur Sanggau hal-hal yang menjadi saran dan catatan bagi peningkatan kinerja Inspektorat Sanggau ke depan.  Antara lain, peningkatan SDM dan peningkatan register risiko kepada tataran yang lebih strategis.

Menanggapi arahan dari Plt. Kaper BPKP Kalbar dan saran-saran dari hasil penilaian, Eka menyatakan kesiapannya untuk mengimplementasikan kapabilitas tersebut dengan penuh komitmen dan integritas, tidak sekadar formalitas.

Di penghujung acara, dilakukan penandatanganan atas hasil penilaian dan saran yang harus dilakukan oleh Inspektorat Sanggau.

Kominfo BPKP Kalbar/FW