Percepat Pelaksanaan PSN, BPKP DIY Lakukan Reviu DAS Serang

Proyek Strategis Nasional (PSN) merupakan program yang dilaksanakan oleh Pemerintah dalam rangka peningkatan pertumbuhan dan pemerataan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah.

Proyek pembangunan infrastruktur menjadi salah satu Proyek Strategis Nasianal. Pembangunan infrastruktur menjadi pijakan kuat bagi Indonesia untuk melangkah ke arah masa depan yang lebih makmur dan berkelanjutan. Dengan tujuan yang tidak hanya memperlancar mobilitas penduduk, tetapi juga mengurangi biaya logistik, membuka peluang investasi baru, dan memperkuat konektivitas antar wilayah.

Begitu banyaknya proyek dan program yang termasuk ke dalam PSN, hal ini tentu saja memerlukan strategi, sinergi dan kolaborasi diantara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah melalui Kementerian/Lembaga, Dinas terkait, BUMN dan BUMD agar percepatan penyediaan infrastruktur dapat terwujud dalam rangka pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

BPKP selaku aparat pengawasan internal pemerintah berperan dalam mendukung percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan melakukan reviu tatakelola PSN.

Sejak Rabu (28/2) Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta melakukan reviu tatakelola PSN pada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) selaku penanggung jawab pekerjaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Serang dengan melakukan reviu dokumen dilanjutkan pengecekan fisik Pembangunan Daerah Aliran Sungai (DAS) Serang.

Tujuan reviu tata kelola untuk memperoleh gambaran pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) dilaksanakan secara akuntabel, Transparasi, Keadilian, efektif dan efisien.

Dengan demikian, pembangunan infrastruktur di Indonesia bukan hanya sekedar pembangunan fisik, tetapi juga merupakan investasi strategis dalam peningkatab pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunandalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(Kominfo BPKP DIY/Vi2)