Larwasda dan Pencanangan ZI Kabupaten Kebumen

KH,Yazid Mahfud menyampaikan pesan kepada semua Kepala Dinas, Badan, Camat sewilayah pemda Kebumen agar dengan tercapainya maturitas SPIP pada level 3,  supaya juga diterapkan sampai ke Kecamatan,tidak hanya samapai ke OPD saja. Pencananggan  Zone Integritas pada tiga OPD yaitu : RSUD dr.Sudirman, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Badan Penanaman Modaldan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, beliau mengharapkan segera setelah pencananggan segera memperoleh status WBK dan WBBM pada tiga OPD tersebut.

Diskusi panel dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen, Ahmad Ujang Sugiono dengan beberapa panelis, selain dari Perwakilan BPKP D.I.Yogyakarta juga menghadirkan Dr. Ihwan Sudrajat, MM Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jatengdan Inspektur Kabupaten Kebumen Drs. Mahmud  Fauzi, MSi.  Slamet Tulus Wahyana sebagai pembicara pertama menyampaikan pentingnya SPIP antara lain untuk mencegah terjadinya korupsi dan meningkatkan kinerja serta akuntabilitas pengelolaan keuangan. Pada konsep The Three Lines of Defense Model maupun konsep The Four Three Lines of Defense Model, SPIP adalah sebagai pertahanan garis pertama. Ihwan Sudrajat memaparkan GrandReformasi Birokrasi Nasional 2010-2025 dengan misi tahun 2025 menjadi Pemerintahan Kelas Dunia. Ciri reformasi birokrasi adalah  pelayanan publik menjadi sasaran, adanya manajemen perubahan, perbaikan kualitas tata kelola manajemen pemerintahan dan akuntabilitas kinerja.  

Mahmud Fauzi menyampaikan tugas pokok dan fungsi Inspektorat adalah membantu Bupati dalam membina dan mengawasi pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan oleh Perangkat Daerah, melalui pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantaun,dan kegiatan pengawasan lainnya. Selama tahun 2018, Inspektorat Kabupaten Kebumen telah menyelesaikan 103 penugasan yang terdiri dari: 60% pengawasan reguler, 27% penanganan kasus, 10% pemeriksaan tujuan tertentu dan hanya 3% melaksanakan audit kinerja.

(Humas BPKP DIY/Narto)