BPKP Jateng Selenggarakan Diklat Auditor Ahli Pertama

SEMARANG (16/02/2024) - Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan STAR AF BPKP Tahun 2024 menyelenggarakan Pelatihan Auditor Ahli Pertama bagi para pegawai di Lingkungan APIP Daerah di Wilayah Provinsi Jawa Tengah bertempat di Hotel Aston Inn  Jalan Pandanaran Kota Semarang.

Pelaksana harian Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Bima Sujatmiko dalam kesempatan tersebut membuka Pelatihan Auditor Ahli Pertama secara resmi. Lebih lanjut Bima menyampaikan bahwa APIP memiliki peran strategis dalam menunjang dan memperkuat efektivitas sistem pengendalian intern guna mewujudkan pemerintahan yang efektif, efisien, dan akuntabel. Paradigma selama ini masih terdapat cara pandang lama di mana APIP hanya bertindak sebagai watchdog yang identik dengan pencari kesalahan. Oleh karena itu, perlu ada pergeseran paradigma pengawasan dimana APIP dituntut untuk mampu melakukan penjaminan kualitas (quality assurance), di mana turut berperan secara aktif dan menjadi bagian dari penyelesaian masalah. Di samping menjalankan fungsi assurance dan consulting, APIP diharapkan dapat berperan sebagai mitra strategis (strategic partner) yang membantu pimpinan dan jajaran manajemen dalam menyelesaikan berbagai masalah penyelenggaraan pemerintahan.

Bima menambahkan bahwa Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) harus dapat menjalankan fungsinya sebagai early warning system, yang dapat mendeteksi lebih dini atas permasalahan-permasalahan yang terjadi di masing-masing instansi. APIP dituntut tidak hanya dapat mendeteksi permasalahan, namun dituntut untuk dapat memberikan solusi penyelesaiannya serta merumuskan langkah-langkah antisipasi agar permasalahan yang terjadi tidak terulang kembali. Bima berharap dengan adanya pelatihan auditor ini diharapkan kepada para peserta untuk mengikuti dengan baik dari awal hingga akhir, sehingga ilmu yang didapat dari para narasumber dapat diserap dan diimplementasikan di lingkungan kerja serta untuk bekal dalam melaksanakan tugas pengawasan. “

Bagus Putu Santika selaku Ketua Panitia Penyelenggara Diklat sebelumnya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan Pelatihan Auditor Ahli Pertama bagi para APIP di Wilayah Jawa Tengah ini adalah untuk membentuk profesionalisme auditor dalam rangka pelaksanaan tugas pengawasan atas pelaksanaan kegiatan umum pemerintahan agar berjalan secara efisien, efektif sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Total waktu pembelajaran dalam Pelatihan Auditor ini adalah sebanyak 130 jam latihan. Pelatihan Fungsional Auditor Ahli Pertama dilaksanakan dengan metode Blended Learning yang memadukan metode e-learning dengan pembelajaran jarak jauh.

Pelatihan yang dilaksanakan dari tanggal 16 Februari s.d. 1 Maret 2024 tersebut diikuti 34 peserta yang terdiri dari APIP dari Wilayah Provinsi Jawa Tengah, dengan rincian sebagai betkut, Inspektorat Provinsi Jawa Tengah 5 peserta, Inspektorat Kabupaten Pati 8 peserta, Inspektorat Kabupaten Banjarnegara 8 peserta. Inspektorat Kabupaten Blora 3 peserta, Inspektorat Kabupaten Temanggung 5 peserta, dan Inspektorat Kabupaten Purbalingga 5 peserta. Turut hadir dalam pembukaan Pelatihan Auditor Ahli Pertama yaitu Koordinator Pengawasan Bidang P3A Perwakilan BPKP Jateng Bagus Putu Santika selaku Ketua Penyelenggara Diklat dan Subkoordinator Kepegawaian Perwakilan BPKP Jateng Djoko Moeljanto.  

(Kominfo BPKP Jateng/Din)