PERKUAT TATA KELOLA, PERPAMSI JATENG DAN DIY MERAPAT KE BPKP

Kerjasama kemitraan akan terlaksana dengan baik apabila masing-masing pihak ada rasa saling percaya. Kerjasama yang selama ini terjadi telah menunjukkan adanya peningkatan kinerja dan diharapkan terus berlanjut sehingga dapat tercapainya tujuan layanan air bersih. Hal itu disampaikan oleh Juliver Sinaga, Direktur BLU, BLUD, Badan Usaha Jasa Air, BUMD, dan BUMDes pada Deputi Akuntan Negara BPKP Pusat, sebagai keynote speech dalam pembukaan acara Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Sharing Session Penerapan Good Corporate Governance antara Pengurus Daerah Perpamsi Jawa Tengah dan DIY serta BUMD Jasa Air Wilayah Jawa Tengah dan DIY dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah danPerwakilan BPKP Provinsi DIYbertempatdi Ballroom Hotel Mercure Yogyakarta Senin,(5 /4).

Lebih lanjut Juliver Sinaga secara kusus mengucapkan terima kasih kepada PDAM/PDAB dan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah dan Perwakilan BPKP Provinsi DIY karena di era pandemi ini masih tetap menjalin kerja sama kemitraan dengan baik. Dengan dilaksanakannya MoU ini diharapkan PDAM dapat lebih berkomitmen menerapkan Good Corporate Governance (GCG) untuk meningkatkan kinerja perusahaan. SelanjutnyaJuliver Sinaga mengingatkan bahwa dalam RPJMN 2020-2024,  tahun 2024 target akses pelayanan air minum perpipaan sebesar minimal 30%.

Juliver Sinaga mengharapkan di pemerintah Kabupaten/kota dapat terwujud GCG yang didukung dengan peraturan Kepala Daerah sebagai payung hukum pelaksanaan GCG. Untuk Perwakilan BPKP Provinsi Jateng dan Perwakilan BPKP Provinsi DIY dapat membantu mengenai substansi GCG.

Di lain pihak Rudie Kusmayadi selaku Ketua Ketua Perpamsi pusat menyampaikan terima kasih kepada jajaran BUMD Jasa Air Minum di Jawa Tengah dan DIY yang seluruhnya telah mencapai kenerja “Sehat”.

Sementara Ketua PD Perpamsi Jawa Tengah  Samino sekaligus ketua penyelenggaradalam sambutan mengawali acara, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah dan DIY atas pembinaan serta kerjasama yang telah terjalin dengan baik dan berharap untuk kedepan adanya peningkatan kegiatan seperti percepatan penerapan GCG, penguatan kapabilitas SPI dan kapabilitas SDM harapnya.

Acara penandatanganan nota kesepahaman dilanjutkan dengan diskusi panel sharing session Good Corporate Governance BUMD dengan moderator Wasis Prabowo, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Hadir dalam acara tersebut Ketua PD Perpamsi Jawa Tengah dan Ketua PD Perpamsi DIY, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah dan Perwakilan BPKP DIY, 36 Direktur Utama/Direktur BUMD Jasa Air Minum di wilayah Jawa Tengah,serta 5 Dirut/Direktur BUMD Jasa Air Minum di wilayah DIY. Turut hadir Ketua Umum Perpamsi Pusat H Rudie Kusmayadidalam Penandatanganan nota kesepahaman.

(Kominfo BPKP Jateng)