Koordinasi Pengawasan Intern BPKP dalam Peningkatan Tata Kelola Pemkot Tangerang Selatan

Ciputat (13/4) bertempat di Kantor Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), di akhir masa jabatannya Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany didampingi oleh Sekretaris Inspektorat menerima dengan baik kunjungan BPKP Banten dalam rangkaian koordinasi pengawasan intern. Pada kesempatan tersebut Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany berterima kasih atas kerja sama dan pendampingan yang telah dilakukan selama ini dengan BPKP. Kemudian Walikota Tangsel Dua Periode tersebut menambahkan harapannya BPKP dapat terus mengawal akuntabilitas Pemerintah Kota Tangsel termasuk dengan Walikota terpilih yang akan dilantik pada tanggal 26 April mendatang.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten, R. Bimo Gunung Abdulkadir yang didamping oleh beberapa Koordinator Pangawasan menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tangsel yang mau menjadi pilot project penilaian maturitas penyelenggaraan Result Base Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang terintegrasi dengan penilaian Manajemen Risiko, Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK), dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), selain itu beliau menambahkan bahwa Pemkot Tangsel juga salah satu Pemda yang cepat merespon segala permasalahan yang terjadi dan melakukan koordinasi dengan BPKP untuk bersama-sama mencari pemecahan dari masalah yang ada.

Pelaksanaan koordinasi pengawasan ini merupakan kegiatan yang dilakukan BPKP dalam memitigasi permasalahan-permasalahan yang mungkin terjadi dalam penyelenggaraan akuntabilitas pemerintah termasuk di dalamnya hal-hal yang terkait dengan current issues dan program prioritas daerah.