BPKP Kawal Maturitas SPIP Terintegrasi Pemprov Banten

Serang(15/6/2022) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melakukan pengawalan penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) pada Pemerintah Provinsi Banten melalui kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2022 dan Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi (New SPIP) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Banten yang diselenggarakan hari ini, di Pendopo Gubernur Banten. Acara sosialisasi dihadiri oleh Pj. Sekda, Inspektur dan Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Pj. Gubernur Banten, Al Muktabar berkesempatan memberikan sambutan sekaligus membuka acara kegiatan yang sangat penting tersebut. Dalam sambutannya, Pj. Gubernur memberi arahan agar SPIP dan Survei Penilaian Integritas betul-betul menjadi perhatian seluruh OPD. Beliau menyampaikan kepada seluruh jajarannya agar selalu meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat serta melakukan pengelolaan keuangan secara tranparan dan akuntabel serta berintegritas.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten yang menjadi pembicara dalam kegiatan Sosialisasi tersebut menekankan bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja, transparansi, dan akuntabiitas dalam pengelolaan keuangan dan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), seluruh OPD harus mengimplementasikan SPIP secara memadai. Implementasi SPIP merupakan tanggung jawab pimpinan dan seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten bukan hanya tanggung jawab APIP . Salah satu hal penting yang harus dilakukan Pemprov Banten dalam rangka implementasi SPIP Terintegrasi diantaranya Pemerintah Provinsi Banten perlu melakukan penilaian risiko strategis baik dalam tingkat Pemda maupun tingkat OPD, melakukan monitoring atas Rencana Tindak Pengendalian, serta melakukan fraud risk assessment atas kegiatan utama.

Dalam paparannya, Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa metodologi penilaian maturitas SPIP telah mengalami pembaharuan melalui  SPIP Terintegrasi (new SPIP) . Diantaranya mencakup beberapa aspek khususnya terkait objek penilaian yang didalamnya terdiri atas penilaian kualitas tujuan, penilaian struktur dan proses, serta penilaian atas capaian empat tujuan SPIP. Penilaian SPIP Terintegrasi juga  mengedepankan substance over form serta telah mampu melakukan pengintegrasian penilaian yang meliputi  penilaian SPIP, MRI, IEPK, dan Kapabilitas APIP.

Pada akhir sambutannya Bimo Gunung Abdulkadir berpesan kepada seluruh Pimpinan OPD bahwa BPKP Banten siap mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan Pemerintah Provinsi Banten agar hadir bermanfaat dan kian bermakna untuk Indonesia mandiri, khususnya di lingkungan Provinsi Banten. (humasbpkpbanten)