BPKP Bengkulu Evaluasi Transformasi Layanan Rujukan & Pembiayaan Kesehatan Provinsi Bengkulu

Bengkulu (01/03/2024) - Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu melaksanakan Evaluasi Transformasi Layanan Rujukan dan Pembiayaan Kesehatan Tahun 2024 pada Provinsi Bengkulu sebagai bagian dari Agenda Pengawasan Prioritas Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Tahun 2024.

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 12 Februari sampai dengan 1 Maret 2024 dengan mengambil sampel Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu dan RSUD dr. M. Yunus Bengkulu serta RSUD Kabupaten/Kota sampel dan fasilitas layanan kesehatan.

Evaluasi Transformasi Rujukan Tahun 2024 berfokus pada perbaikan mekanisme rujukan dan peningkatan akses serta mutu layanan rumah sakit, dan juga layanan laboratorium kesehatan masyarakat. Sedangkan Evaluasi Transformasi Pembiayaan Kesehatan Tahun 2024 berfokus pada kemudahan dan kesetaraan akses layanan kesehatan, terutama masyarakat yang masuk dalam golongan kurang mampu dengan ketepatan basis data kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional dan sustainabilitas pembiayaan program Jaminan Kesehatan Nasional.

Pelaksanaan evaluasi bertujuan untuk memperoleh keyakinan yang memadai bahwa kebijakan/program transformasi layanan rujukan dan pembiayaan kesehatan telah diimplementasikan, serta mendorong pencapaian kinerja pencapaian tujuan dan sasaran transformasi layanan rujukan dan pembiayaan kesehatan melalui pemberian rekomendasi perbaikan tata kelola, pengendalian intern dan pengelolaan risiko atas kebijakan transformasi sistem kesehatan serta alternatif solusi atas permasalahan yang ditemukan.

Dengan adanya Evaluasi ini diharapkan transformasi layanan rujukan dan pembiayaan kesehatan di Provinsi Bengkulu dapat diimplementasikan dengan baik sesuai dengan kebijakan dan standar yang telah ditetapkan.