UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI PERWAKILAN BPKP PROVINSI JAMBI

Memperingati Hari Lahir Pancasila yang mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global", Perwakilan BPKP Provinsi Jambi melaksanakan upacara bendera, kamis(1/6). Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi Sueb Cahyadi bertindak selaku Inspektur Upacara, dalam amanatnya membacakan pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara menyatukan berbagai keragaman, sekaligus sebagai penuntun dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional. Maka dari itu sudah selayaknya semua komponen bangsa Indonesia mengaktualisasikan nilai nilai Pancasila.  Pancasila agar senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Nilai-nilai Pancasila seperti saling menghargai, kerjasama, dan saling menghormati, serta nilai-nilai inklusivisme, toleransi, dan gotong royong dalam keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2023. Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di Tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.