BPKP Riau Kawal Optimalisasi Pemanfaatan KPBU

Dumai – Perwakilan BPKP Provinsi Riau telah melakukan Evaluasi atas Optimalisasi Pemanfaatan KPBU pada proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Dumai.

BPKP melakukan evaluasi tersebut untuk memastikan penggunaan skema KPBU dalam pembiayaan pembangunan infrastruktur akan menghasilkan infrastruktur yang terbangun sesuai jadwal dan anggaran pembiayaan lebih terkendali sehingga layanan kepada masyarakat dapat segera disediakan. 

Proyek SPAM tersebut dibangun menggunakan skema KPBU dengan pengerjaan proyek dibagi menjadi 3 tahap dan telah beroperasi tahap 1 sebesar 50 liter per detik untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada masyarakat.

Untuk diketahui, KPBU merupakan kerja sama antara pemerintah dan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur untuk kepentingan umum. KPBU diarahkan untuk mengatasi permasalahan ketersediaan dana pemerintah dalam membiayai infrastruktur di bidang perekonomian maupun sosial sehingga manfaat dari adanya infrastruktur tersebut bisa segera dinikmati oleh masyarakat.

(Kominfo BPKP Riau)