Rakornas Wasin 2023: Kawal Produktifitas untuk Transformasi Ekonomi

PADANG - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) telah selesai menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern (Rakornas Wasin) 2023, Rabu (14/6). Rakornas Wasin 2023 dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Auditorium Gandhi Kantor BPKP Pusat. Mengusung tema Kawal Produktifitas untuk Transformasi Ekonomi, Rakornas Wasin dihadiri oleh Pimpinan kementerian/Lembaga dan daerah, Direksi dan SPI BUMN, Pimpinan APIP Kementerian/Lembaga/Daerah dan Pemeriksa Eksternal. Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat juga mengikuti secara virtual di Aula Kantor Perwakilan.

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan untuk mewujudkan Indonesia emas 2045 sangatlah penting peran pengawasan. Presiden meminta pengawasan harusnya berorientasi pada hasilnya bukan prosedur. Presiden berpesan agar APBN dan APBD harus produktif dan pengawasan atas APBN dan APBN harus berorientasi hasil.

Selanjutnya Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh mengatakan BPKP dan jajaran APIP konsisten dalam melaksanakan pengawasan atas berbagai program pembangunan prioritas demi memastikan akuntabilitas serta efektifitas keuangan negara dan daerah serta membagunan daerah dan nasional, BPKP dan APIP intens mengawal progam pembangunan nasional daerah yang esensial terhadap upaya peningkatan produktifitas ekonomi.

Kepala BPKP juga menegaskan, ke depan BPKP dan seluruh jajaran APIP akan terus berkomitmen memberikan upaya terbaik mengawal akuntabilitas keuangan negara dan daerah, dan juga berkomitmen untuk menjadi leading agen pengawasan yang akan terus mendorong upaya pengawasan intern yang komperehensif dan terintegrasi.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar