BPKP SulSel Fasilitasi Telaah Sejawat 3 APIP Inspektorat

Kepala Perwakilan berkenaan hadir memberikan arahan sekaligus membuka acara. Pada kesempatan tersebut Kaper juga ingin mendengar secara langsung permasalahan/kendala yang dihadapi oleh Inspektorat di daerah dalam peningkatan kapabilitas APIP.

Dalam sambutannya Kaper mengemukan bahwa tujuan/maksud Peer Review  adalah menilai efiseinsi dan efektivitas APIP terhadap visi, misi, tugas dan fungsinya serta harapan  pimpinan organisasi /stakeholders. Menyatakan pendapat tentang  kesesuaian aktivitas APIP dengan Standar Audit, serta memberikan saran perbaikan bagi APIP agar dapat memberikan nilai tambah (value added) kepada organisasi.

Selain itu lanjut Kaper, APIP  perlu melakukan telaah sejawat berdasarkan pertimbangan-pertimbangan antara lain, menjadi benchmarking bagi  APIP lainnya sebagai bukti bawah APIP mengikuti praktik yang berkembang secara internasional.  Mengetahui tingkat  kesesuaian  aktivitasnya dengan standar yang berlaku, serta menjamin bahwa aktivitas APIP mengikuti praktik yang sesuai dengan standar AAIPI, ungkap Arman.  (Ton’S)