Aplikasi SIBIJAK membantu pencapaian angka kredit auditor

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa pada hari ini kita menyelenggarakan workshop Sistem Informasi Bina Jabatan Auditor Berkualitas (SIBIJAK)  yang dikembangkan oleh Pusbin JFA BPKP, terkait dengan pengelolaan penilaian terhadap angka kredit dari auditor pada Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Kaper berhadap melalui aplikasi ini dapat membantu dalam pencapaian angka kredit dari auditor yang sudah melaksanakan tugas-tugasnya, sehingga auditor tersebut dapat mempertahankan profesi yang disandangnya, dan  tentunya juga mempermudah bagi Tim Penilai Angka Kredit untuk memberikan penilaian pada setiap semester, sehingga permasalahan-permasalahan dalam penilaian angka kredit  sudah teridentifikasi dengan baik.

Lanjut Kaper, harapan kedepannya  SIBIJAK menjadi sub sistem dari Aplikasi SIMA (Sistem Informasi Manajemen Akuntabilas) dan juga SIMA bisa digunakan oleh APIP lainnya, tidak hanya BPKP sama seperti Aplikasi SIM-HP. Karena Kalau kita telah menggunakan SIMA dari hulu, maka sesungguhnya angka kredit tersebut sudah akan muncul dengan sendirinya.

Penilaian performance dari pekerjaan pegawai ataupun auditor akan terlihat dan memiliki backup, sehingga menggambarkan  kondisi performa yang sesungguhnya. Jadi bukan hanya  sekedar memindahkan pekerjaan dari manual masuk ke komputer, tetapi harus mejadi satu sistem dari mulai perencanaan penugasan, pelaksanaan pengawasan dan pelaporan sampai akhir pelaksanaan tugas tersebut, maka otomatis akan terkumpul angka kredit, ujar Arman.  

(humas bpkp sulsel_tony sairdekut)