BPKP SulSel Perkuat APIP Inspektorat dalam Diklat Sertifikasi Auditor Muda

Sebagaimana yang disebutkan dalam PP 101/2000, tujuan diadakannya diklat ini secara umum untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas jabatan secara profesional yang dilandasi kepribadian dan etika PNS sesuai kebutuhan. Kepala Perwakilan yang diwakili Kabag Tata Usaha, Agus Catur Hartanto, didampingi Kasubag Kepegawaian, Basri, berkenan hadir membuka Diklat secara resmi dengan ketukan palu, dirangkai dengan penyamatan tanda peserta Pendidikan dan Perlatihan secara simbolis. Diklat tersebut terselenggara dengan biaya ditanggung oleh unit kerja masing-masing atau dengan sistem pola PNBP. Instruktur/pengajar seluruhnya dari BPKP SulSel. 

Dalam sambutan Kepala Perwakilan yang diwakili Kabag Tata Usaha, Agus Catur Hartanto mengatakan bahwa dengan mengikuti diklat ini diharapkan peserta mampu memberikan nilai tambah bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah dalam rangka peningkatan Kapabilitas APIP, diharapkan mampu melakukan audit 3E (Ekonomis, Efektivitas, dan Efisiensi)

APIP juga diharapkan dapat berperan sebagai mata dan telinga bagi Kepala Daerah. Secara umum, APIP diharapkan dapat mengawal jalannya pemerintahan pada daerah masing-masing. APIP diharapkan bisa turut serta dalam pemberantasan korupsi serta mampu menjadi early warning system. Sehingga APIP mampu memberikan nilai tambah bagi para stakeholder yaitu para pimpinan daerah dan masyarakat.

Humas bpkp sulsel (tony sairdekut)