Gandeng BPKP, Gubernur Seluruh Indonesia Berkomitmen Mengoptimalkan Tugas Pemerintah Tanpa Korupsi

Komitmen bersama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan naskah Komitmen Bersama untuk Mendukung Optimalisasi Tugas Pemerintah Tanpa Korupsi antara para Gubernur dan Kepala BPKP, Mardiasmo. yang dilakukan pada saat acara yang Pertemuan Gubernur Seluruh Indonesia sebagai Anggota APPSI yang digelar di Hotel Shangri-La, Surabaya, Senin (6/10) yang lalu.

Pertemuan tersebut diawali dengan makan malam bersama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden, Boediono, Menko Perekonomian, Chairul Tanjung, Menko Polhukam, Djoko Suyanto, dan Menteri Pertanian, Suswono. Dalam arahannya Presiden mengatakan bahwa apa yang telah dihasilkan dalam masa pemerintahannya hendaknya dapat dipertahankan dan ditingkatkan dalam pemerintahan mendatang.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, yang juga Ketua Umum APPSI, menyatakan bahwa kunci dari komitmen pelaksanaan pemerintahan yang bebas korupsi adalah APIP yang bekerja lebih awal. “Ke depan, APIP akan lebih difungsikan sejak awal mulai dari tahap perencanaan.” Tegas Syahrul Yasin Limpo.

Sementara itu, Kepala BPKP, Mardiasmo, mengemukakan bahwa payung hukum bagi penguatan APIP telah diatur dalam revisi UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dalam Bab Pembinaan dan Pengawasan. Dalam pelaksanaannya BPKP akan melakukan supervisi dan koordinasi kepada APIP yang antara lain akan diwujudkan dengan menyelenggarakan clearing house, gelar pengawasan daerah, dan Forum APIP secara periodik. Selain itu, pengaduan masyarakat yang bersifat administratif cukup ditangani oleh APIP, sedangkan Aparat Penegak Hukum akan fokus di masalah pidana.

Dalam Komitmen Bersama tersebut antara lain dinyatakan bahwa kedua belah pihak bersepakat berkomitmen untuk menyikapi informasi secara seimbang dan membangun opini masyarakat yang positif terhadap komitmen pemerintah dalam pemberantasan korupsi. Selain itu kedua belah pihak juga berkomitmen untuk mengefektifkan dan mengoptimalkan peran APIP dalam penanganan pengaduan masyarakat serta upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Dalam pelaksanaannya BPKP akan mengkoordinasi APIP daerah dalam mendukung pelaksanaan langkah-langkah tersebut.

Acara tersebut yang juga dihadiri oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi, Eddy Mulyadi Soepardi, dan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia, diakhiri tepat pukul 12 malam dengan sambutan dari Penasehat APPSI, Prof. Ryaas Rasyid.