BPKP JATENG GELAR WORKSHOP TEKNIT AUDIT ATAS PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK

Semarang – (30/9) bertempat di ruang aula Amarta lantai tiga telah dilaksanakan Workshop Teknik Audit Atas Pengadaan Secara Elektronik dan Pemanfaatan Digital Forensik Untuk Pengumpulan Bukti Audit, bagi Auditor di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah dan Auditor di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Banyumas.

Workshop yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Wasis Prabowo. Hadir sebagai Narasumber Kasubdirektorat Forensik Digital Dan Pengembangan Kapabilitas Pengawasan Bidang Investigasi pada Deputi Bidang Investigasi BPKP Pusat Totok Prihantoro beserta Tim. Turut Hadir Koordinator Pengawasan Bidang APD-2 Triwibowo Adji selaku Ketua Penyelenggara, Korwas Bidang Investigasi-2 Jumanto, serta Kepala Sub Bagian Kepegawaian Suharyanto.

Workshop diawali dengan penyampaian Laporan Penyelenggara oleh Korwas Bidang APD-2 Tri Wibowo Aji. Tujuan dilaksanakan Workshop ini adalah untuk memberikan bekal dan ketrampilan kepada para peserta Workshop dalam memahami  pemanfaatan digital forensik untuk pengumpulan bukti audit. Setelah mengikuti Workshop diharapkan para peserta memahami pemanfaatan digital forensik untuk pengumpulkan bukti serta memahami titik kritis proses pengadaan barang/jasa secara elektronik.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Wasis Prabowo dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang pada para peserta Workshop di Perwakilan BPKP Jateng, semoga kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari kedepan bisa terlaksana dengan baik. Salah satu tugas auditor adalah melakukan consulting dan assurance terhadap kegiatan-kegiatan yang bersifat represif/audit. Sebagai auditor harus mampu berkomunikasi dengan baik, karena komunikasi yang baik merupakan sarana untuk mendapatkan bukti yang lebih baik/valid.bila komunikasi dilaksanakan dengan baik, maka disinilah letak digital forensik tersebut, papar Wasis.

Wasis menegaskan selama workshop diharapkan para peserta untuk  betul2 mengikuti dan menyimak dengan baik, ilmu sudah didapat dengan baik pula, tanyakan pada narasumber bila ada yang kurang jelas, sehingga ilmunya bisa diimplementasikan di lingkungan kerja masing-masing dengan baik. Harapannya pelaksanaan workshop ini bisa melahirkan para kader-kader /penerus Ahli Forensik Audit di Wilayah Jawa Tengah.

Workshop dilanjutkan dengan paparan materi dari narasumber Kasubdirektorat Forensik Digital Dan Pengembangan Kapabilitas Pengawasan Bidang Investigasi pada Deputi Bidang Investigasi BPKP Pusat Totok Prihantoro, namun sebelumnya dilaksanakan sesi foto bersama.

(Kominfo BPKP Jateng / Din)